7 Buah dan Sayur untuk Tingkatkan Imunitas, Bagus Dikonsumsi Rutin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 24 Jun 2021 08:00 WIB
Ternyata Tidak Hanya Berbeda Warna, Paprika Juga Punya Jenis Kelamin Foto: iStock
Jakarta -

Buah dan sayur perlu dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak nutrisi. Di tengah pandemi Covid-19, coba rutin makan buah dan sayur ini untuk tingkatkan imunitas.

Mengonsumsi makanan sehat adalah kunci menghindarkan diri dari berbagai penyakit, termasuk serangan virus Corona. Ada beberapa jenis makanan yang ketika dikonsumsi rutin akan bantu meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan ini bersifat alami karena merupakan buah dan sayur segar. Nutrisinya yang tepat bisa membantu tubuh tetap kuat dari paparan berbagai bakteri dan virus yang kini makin merajalela.

Di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya kamu mengonsumsi buah dan sayur yang bersifat meningkatkan imunitas ini secara rutin. Semuanya mudah didapat dan rasanya enak. Harganya juga tidak mahal.

Kemudian tetap terapkan protokol kesehatan yang ketat karena hal ini juga penting agar kamu tidak terserang Covid-19. Praktik memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak masih tetap perlu dijalankan, bahkan diperketat, saat ini.

Dirangkum dari Healthline (23/6), inilah 7 buah dan sayur untuk tingkatkan imunitas:

1. Jeruk

Rutin Minum Teh Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Jaga ImunitasFoto: Getty Images/iStockphoto/cometary

Buah citrus alias ragam jeruk seperti jeruk lokal, jeruk mandarin, lemon, hingga jeruk nipis bagus untuk meningkatkan imunitas. Hal ini lantaran buah citrus tinggi kandungan vitamin C.

Jenis vitamin ini juga mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci melawan infeksi. Untuk keperluannya, wanita dewasa butuh 75 mg vitamin C dan pria dewasa 90 mg setiap hari.

2. Bayam

Sayuran hijau ini punya banyak nutrisi. Harganya murah dan mengolahnya pun bisa dalam banyak cara. Selain tinggi vitamin C, bayam juga mengandung antioksidan dan beta karoten.

Dua nutrisi tersebut meningkatkan kemampuan dalam melawan infeksi pada sistem imun tubuh. Perlu diketahui, bayam paling sehat jika dimasak sesedikit mungkin agar nutrisinya tetap terjaga.

Meski begitu, pengolahan bayam yang sebentar membuatnya lebih mudah menyerap vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepas dari asam oksalat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com