5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Penting Saat Pandemi!

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 22 Jun 2021 06:00 WIB
5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Penting Saat Pendemi! Foto: iStock
Jakarta -

Selain imunitas, kesehatan organ pernapasan harus dijaga ketat saat pandemi. Berikut lima bahan alami yang diketahui dapat membantu membersihkan paru-paru.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga sekarang. Menjaga imunitas tubuh, kesehatan secara umum hingga kesehatan organ pernapasan menjadi hal penting yang wajib dilakukan di tengah pandemi.

Coronavirus dikatakan secara langsung menyerang dan mengganggu pernapasan yang juga sebagai organ vital manusia untuk hidup. Untuk itu menjaga kebersihan organ pernapasan agar tetap berfungsi normal dan terjaga kesehatannya harus sangat diperhatikan dan dilakukan dengan baik.

Menjaga kesehatan dan kebersihan organ pernapasan dikatakan oleh para ahli juga bisa dilakukan dengan konsumsi beberapa bahan alami. Mulai dari kunyit hingga bawang putih disarankan untuk rutin dikonsumsi demi paru-paru yang bersih dan sehat.

Dilansir melalui Times of India (16/4) berikut ini 5 bahan alami untuk menjaga kesehatan paru-paru:

5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Penting Saat Pendemi!5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Penting Saat Pendemi! Foto: iStock

1. Kunyit

Gejala yang ditimbulkan oleh Covid-19 salah satunya adalah sesak napas dimana dada akan terasa sangat berat dan menarik napas terasa sangat menyakitkan. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh inflamasi yang disebabkan oleh virus itu sendiri.

Kunyit diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat hingga inflamasi yang menyebabkan sesak napas. Konsumsi kunyit secara rutin setiap hari diketahui dapat meredakan inflamasi pada saluran sirkulasi udara di rongga pernapasan.

Manfaat tersebut didapatkan dari khasiat kurkumin yang ada pada kunyit. Kurkumin diketahui secara alami dapat membersihkan paru-paru dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh atau detoks. Tidak hanya disitu, menambahkan sejumput kunyit dalam makanan atau minuman dikatakan ampuh untuk menguatkan imunitas.

Baca juga: 7 Makanan Pembersih Paru-paru yang Enak dan Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com