12 Makanan Ini Ternyata Tinggi Gula, Waspadai Konsumsinya

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 07:00 WIB
Selai kacang Foto: iStock
Jakarta -

Makanan kemasan sulit diketahui pasti isi kandungannya. Seperti makanan-makanan ini yang ternyata punya kandungan gula yang tinggi.

Makanan merupakan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Memilih kandungan makanan sangat penting fungsinya untuk menentukan efek apa yang didapatkan oleh tubuh di kemudian hari.

Memilih makanan tinggi nutrisi dengan gula yang rendah dan lemak yang tidak terlalu banyak penting untuk dipertimbangkan. Namun saat memilih makanan kemasan, untuk menghindari kandungan gula atau mengetahui betul kandungan gula yang ada di dalamnya sangat sulit dilakukan.

Beberapa makanan sehat sekalipun terbukti memiliki kandungan gula tersembunyi yang harus diwaspadai. Bahkan pada makanan-makanan yang tidak terpikirkan akan mengandung gula seringkali ditambahkan gula yang disembunyikan saat pengemasan.

Berikut ini 12 makanan yang ternyata tinggi gula menurut Livestrong (6/6):

Girl eating yogurtFoto: Istock

1. Yogurt Kemasan

Konsumsi yogurt baik untuk kesehatan. Kandungan probiotik yang terkandung pada yogurt dikatakan menjadi nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan usus.

Namun yogurt yang dijual di supermarket dan toko-toko dengan perasa buah dan lainnya tidak sesehat yang dipikirkan. Yogurt ini terbukti telah ditambahkan gula sebanyak 2,5 sendok makan dalam tiap takaran sajinya.

2. Saus Tomat

Rasa saus tomat memang cenderung asam tetapi bukan berarti tidak ada kandungan gula di dalamnya. Beberapa merek saus tomat bahkan dikatakan menggunakan gula dalam jumlah yang sangat banyak.

"Kami tidak menyadari bahwa pelengkapnya juga ditambahkan banyak gula. Menambahkan satu sendok makan saus tomat ke makanan sama dengan menambahkan satu sendok teh gula ke makanan tersebut," kata Ansel selaku ahli gizi.

3. Saus Barbeque

Resep Saus Barbeque RumahanFoto: iStock

Saus barbeque menjadi cara praktis ketika ingin menyajikan daging panggang di rumah. Sayangnya, hampir dari setengah komposisi dari saus barbeque diisi oleh gula.

"Satu sendok makan saus barbeque dapat menggunakan hingga satu setengah sendok teh gula," kata Ansel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com