Hati-hati! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Malah Tinggi Gula

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 03 Mei 2019 06:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sering dicap sehat, jus buah hingga yogurt rendah lemak ternyata malah tinggi gula. Konsumsinya tentu harus dihindari kalau Anda mau lebih sehat.

Berbagai penelitian telah membuktikan makanan tinggi gula atau pemanis buatan dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti obesitas, diabetes dan penyakit terkait jantung. WHO bahkan melaporkan, 1,9 miliar orang dewasa dan 41 juta anak-anak menderita obesitas di seluruh dunia.

Penyebab utama obesitas adalah konsumsi terlalu banyak gula, baik dalam bentuk alami maupun pemanis buatan. Parahnya, gula bisa bikin ketagihan sehingga Anda kerap menginginkan makanan manis saat sedang stress atau bosan.

Hati-hati! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Malah Tinggi GulaFoto: iStock

Makanan tinggi gula tak selalu terasa manis. Junk food seperti kentang goreng, burger, jus buah yang dikemas dan soda juga termasuk tinggi gula. Makanan karbohidrat sederhana ini mudah terurai menjadi gula dalam tubuh, yang akan menyebabkan lonjakan glukosa lebih cepat.

Seperti dilansir dari NDTV (27/04/2019), berikut 5 makanan tinggi gula yang harus dihindari untuk mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya. Lima makanan ini kerap digolongkan makanan sehat.

Baca Juga: Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet Gagal

1. Green tea dengan perasa

Anda tentu tahu ada berbagai manfaat sehat dari minum teh hijau. Minuman rendah kafein dan tinggi antioksidan ini bisa mencegah berbagai penyakit dan membantu meningkatkan kesehatan Anda. Selain teh hijau murni, kini ada banyak teh hijau dengan perasa buatan yang disukai karena rasanya nikmat.

Namun, tidak seperti daun teh hijau murni, minuman teh hijau ini mengandung gula tambahan dan pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan. Belum lagi tambahan krim yang membuat kalori minuman teh hjau dengan perasa ini semakin tinggi.

Hati-hati! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Malah Tinggi GulaFoto: Istock

2. Yogurt rendah lemak

Mengandung magnesium, potasium, dan kalsium, yogurt rendah lemak kini mudah didapat di supermarket dan mini market. Namun siapa sangka yogurt rendah lemak mungkin mengandung gula tambahan yang bisa menambah asupan kalori. Agar tak tertipu, pelajari dengan seksama informasi nutrisi pada label makanan.

3. Jus buah kemasan

Buah-buahan dalam bentuk mentah dan segar memang baik untuk kesehatan. Tetapi jus buah kemasan tidak sama dengan jus buah segar. Jus buah kemasan justru rendah serat, mineral, dan vitamin. Selain itu, jus buah kemasan mengandung gula tambahan, perasa, dan pewarna buatan. Karena itu, hindari minum jus buah yang dibeli di toko. Lebih baik membuat jus yang baru diperas di rumah tanpa menambahkan gula.

Hati-hati! 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Malah Tinggi GulaFoto: Getty Images

4. Salad dressing

Sebagian besar kita lebih suka membeli salad dressing dari supermarket. Tapi ternyata saus salad yang dikemas ini mengandung gula tinggi. Dua sendok makan saus salad mengandung sekitar empat gram gula tambahan. Selain itu, semua dressing salad yang dibeli di toko biasanya memiliki zat tambahan dan penambah rasa di dalamnya. Maka pilihlah perasan buah segar untuk saus salad Anda sebagai alternatif yang lebih sehat.

5. Produk bebas gula

Semua produk bebas gula yang tersedia di pasaran memiliki alkohol gula seperti sorbitol dan manitol, tepung, susu, dan lainnya. Alkohol gula ini tidak diserap oleh tubuh sepenuhnya. Apabila terlalu banyak dikonsumsi, maka dapat menyebabkan masalah pencernaan yang pada akhirnya memperlambat menurunkan metabolisme dan dapat lebih cepat menambah berat badan.

Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!


Simak Juga "Waspada! Ini Bahaya Konsumsi Makanan Manis Bagi Anak":

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)