Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet Gagal

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 22 Apr 2019 05:38 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sudah rajin berolahraga dan menjaga menu makan, tapi berat badan susah turun? Bisa jadi Anda salah pilih makanan 'sehat'.

Ternyata, makanan yang bisa naikkan berat badan bukan hanya makanan cepat saji. Justru makanan yang Anda kira sehat, juga bisa bikin berat badan tak turun-turun. Seperti yang telah dikutip dilaman eHow (22/02/2019), berikut makanan sehat yang ternyata bisa bikin berat badan naik.

Baca Juga: Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih Cepat

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: Istock
1. Yogurt dengan rasa
Dikenal sebagai minuman menyehatkan, tapi ternyata yogurt yang dicampur dengan rasa manis mengandung banyak gula, kalori dan zat tambahan. Dari rasa manis inilah yang dapat membuat berat badan naik. Tetapi, yogurt memiliki beberapa nutrisi termasuk protein, vitamin A dan vitamin. Supaya tetap sehat, sajikan yogurt tawar dengan beri madu organik atau potongan buah segar.

2. Kacang dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian memang sehat karena tinggi serat, lemak sehat, dan memiliki mineral yang penting seperti magnesium. Namun, kacang dan biji-bijian bis abikin tubuh melar. Dengan rata-rata 160 kalori per 28 gram, Anda dapat dengan mudah menurunkan ratusan kalori saat ngemil. Pilihlah kacang organik mentah sebagai pilihan paling sehat.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: thinkstock

3. Jus dalam kemasan
Jus memang mengandung vitamin dan mineral, tetapi jus kemasan termasuk salah satu makanan terburuk untuk menurunkan berat badan. Banyak jus kemasan yang dibuat dengan gula lalu diproses. Baik melalui suhu tinggi atau tekanan tinggi, yang membuat jus tersebut memiliki nilai gizi yang kurang. Supaya tetap sehat tanpa menambah bobot tubuh. Buatlah jus sendiri 100 persen buah tanpa menambahkan gula ke dalamnya.

4. Produk rendah lemak
Lemak secara alami memberikan rasa yang gurih, biasanya dalam makanan lemak dibuat dengan menambahkan gula dan bahan tambahan kimia. Tambahan ini ternyata dapat menaikkan gula darah Anda yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Seringlah membaca komposisi sebelum memakannya.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: iStock

5. Sereal manis
Sarapan memang menjadi waktu makan yang sangat penting. Tetapi jika Anda memilih sereal manis, itu sama saja akan menaikkan berat badan Anda. Sereal yang sering diproses secara berlebihan, tinggi gula dan rendah serat, sehingga saat dimakan, tidak terlalu mengenyangkan.

Periksalah komposisi dan hindari sereal dengan sirup jagung fruktosa tinggi atau hydroxytoluene butylated, atau disebut BHT, bahan kimia yang terkait dengan penambahan berat badan.

6. Makanan bebas gluten
Makanan bebas gluten dalam kemasan tampaknya lebih sehat daripada makanan yang mengandung gluten, tetapi ternyata tidak demikian. Bahan-bahan yang mengandung gluten sering diganti dengan bahan-bahan pati tinggi seperti nasi atau kentang. Mereka lebih tinggi karbohidrat serta lemak dan lebih rendah protein dibandingkan dengan gandum.

Makanan bebas gluten dapat membuat Anda makan secara berlebihan dan akan berujung pada kenaikan berat badan.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: Istock

7. Bubuk Protein
Suplemen protein memang terlihat seperti obat untuk kesehatan, tetapi dengan kelebihan protein justru akan menaikkan berat badan. Kebanyakan orang bahkan atlet mendapatkan cukup protein dengan diet seimbang, dan kalori ekstra dari protein dikonversi menjadi lemak. Sebagai gantinya, buatlah bar oat sehat sendiri terlebih dahulu sehingga Anda bisa makan saat bepergian.

8. Gandum
Karbohidrat memang membuat Anda merasa berenergi, tetapi Anda harus memilih karbohidrat yang sehat. Contohnya adalah tepung olahan, ternyata tepung ini kaya serat, vitamin dan mineral yang akan membuat berat badan Anda naik.

Maka pilihlah biji-bijian utuh. Makanan yang diberi label gandum utuh mungkin masih mengandung beberapa tepung olahan, jadi cari yang 100 persen gandum utuh pada komposisinya.

Hati-hati! 10 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Diet GagalFoto: Getty Images

9. Kopi instan
Latte yang diberi pemanis gula dan kopi ternyata dapat menaikkan berat badan Anda. Sirup, krim, dan karamel yang ditemukan dalam minuman ini setara dengan ratusan kalori per sajian. Kalori cair tidak mengenyangkan seperti makanan, bahkan saat kopi habis, Anda tetap tidak merasa kenyang. Maka gunakanlah kopi bubuk yang disajikan dengan sedikit susu tanpa lemak atau susu almond organik tanpa pemanis.

10. Kentang
Semua orang tahu pasti makanan goreng dapat menaikkan berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine melihat kebiasaan diet lebih dari 120.000 pria dan wanita di atas 20 tahun yang konsumsi kentang terutama keripik kentang.

Maka, makanlah kentang dalam jumlah sedang untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Ubi jalar juga bisa sebagai pengganti kentang panggang atau lobak kukus yang juga bekerja sebagai pengganti karbohidrat rendah.

Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!


Simak juga video Sayuran-sayuran Ini Bisa Bantu Berat Badanmu Cepat Turun:

[Gambas:Video 20detik]

(lus/odi)