5 Menu Sarapan Sayur Enak untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 07:00 WIB
Green shakshuka in a cast iron pan on a grey slate,stone or concrete background.Top view. Foto: iStock
Jakarta -

Agar kondisi tubuh tetap fit dan kesehatan terjaga, penting untuk konsumsi sarapan sehat yang bergizi. Seperti sayuran enak yang mudah dimasak dan bisa tingkatkan imunitas tubuh.

Selain membatasi aktivitas di luar rumah dan menerapkan protokol kesehatan, imunitas tubuh juga perlu dijaga. Salah satunya dengan mengganti pola makan menjadi lebih sehat, dan tidak melewatkan sarapan agar tubuh tetap bugar.

Menu sarapan sayur tak selalu hambar, bahkan dengan bahan-bahan sederhana, sayuran bisa jadi menu sarapan yang tak kalah enak dari bubur ayam atau nasi uduk. Apalagi jika menggunakan jenis sayur yang memang terkenal dapat meningkatkan imunitas tubuh agar tak mudah jatuh sakit.

Mulai dari sayuran bayam, paprika sampai brokoli yang cocok dijadikan menu sarapan sehat untuk perkuat daya tahan tubuh. Karena kaya akan vitamin dan mineral.

Berikut lima sayuran dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.


1. Bayam

orak-arik bayam yang mudah buat sarapamorak-arik bayam yang mudah buat sarapam Foto: iStock

Mudah didapatkan dan harganya terjangkau, bayam ini cocok dijadikan menu sarapan sehat untuk imunitas tubuh. Seperti dilansir dari Healthline (26/06), bayam mengandung vitamin C, antioksidan dan beta carotene yang bisa menangkal infeksi serta menguatkan sistem imunitas tubuh.

Selain itu bayam sangat rendah kalori. Per 100 gram sayur bayam kisaran kalorinya sekitar 23-26 kalori saja. Agar vitamin dan nutrisinya tetap terjaga, hindari memasak atau mengolah sayur bayam terlalu lama. Tak perlu bingung jika ingin memasak bayam menjadi menu sarapan enak.

Kamu bisa membuat orak-arik bayam yang tak kalah sehat. Paduan vitamin dan protein dari telur, serta nutrisi bayam cocok untuk mengisi energi di pagi hari. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan, yuk cek resep lengkap bayam orak-arik di sini.


2. Brokoli

Daging Sapi Lada Hitam dan BrokoliDaging Sapi Lada Hitam dan Brokoli Foto: iStock

Mirip seperti bayam, brokoli juga mudah ditemukan dan bisa dinikmati sebagai menu sarapan yang sehat. Brokoli ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Karena sayuran hijau ini mengandung glucoraphanin.

Glucoraphanin ini membantu mengembalikan metabolisme pada tubuh agar lebih seimbang. Lalu rajin mengonsumsi brokoli bisa menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko berbagai penyakit terkait penuaan dan usia.

Setiap 100 gram brokoli, terdapat kandungan sekitar 34 kalori saja. Selain itu ada kandungan vitamin C di dalam brokoli yang mencegah tubuh agar tidak gampang jatuh sakit. Ada juga kandungan vitamin C dan E, serta serat yang bagus untuk sistem pencernaan tubuh.

Kalau tak suka rasa brokoli, ada resep tumis brokoli sapi lada hitam yang enak dan mudah untuk dimasak. Menu sarapan ini cocok disantap dengan nasi putih hangat yang mengenyangkan. Cek resep dan bahan-bahan lengkapnya di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com