Cara Membuat Orak-Arik Bayam yang Enak Kaya Nutrisi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 22 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Orak-arik telur jadi pilihan sarapan paling populer. Selain murah juga mudah dibuat. Kali ini kamu bisa bikin orka-arik dengan paduan bayam yang kaya nutrisi.

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah dimasak juga kaya nutrisi. Selain mengandung serat dan air, bayam juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E dan vitamin K. Juga mengandung kalsium, zat besi, potassium dan fosfor.

Karenanya bayam sangat dianjurkan dikonsumsi tiap hari, bisa dimasak atau dibuat jus segar. Untuk sarapan bayam juga enak dipadukan dnegan telur sebagai orak-arik.

Mau membuat orak-arik bayam yang gurih enak? Coba ikuti cara membuatnya berikut ini. Orak-arik bayam ini bisa ditambah keju atau daging olahan agar lebih enak rasanya.



Cara Membuat Orak-Arik Bayam yang Enak Kaya NutrisiFoto: iStock


1. Blansir Bayam

Pilih duan bayam yang muda dan lebar, sertakan juga tangkainya yang muda. Siangi 150 g daun bayam hingga bersih lalu tiriskan.

Didihkan air secukupnya dalam panci, masukkan daun bayam berikut batang mudanya. masak sebentar hingga layu lalu angkat dan tiriskan. Masukkan segera dalam air es hingga daun bayam dingin. Tiriskan dan peras airnya.

Cara Membuat Orak-Arik Bayam yang Enak Kaya NutrisiFoto: iStock


2. Kocok Telur

Pecahkan 4 butir telur dalam mangkuk. Bumbui dengan 1/2 sdt merica, 1 sdt garam, kocok hingga rata. Siapkan juga 1 sdm bawang bombay cincang halus dan 1 sdm keju cheddar parut.

Cara Membuat Orak-Arik Bayam yang Enak Kaya NutrisiFoto: iStock


3. Masak Orak-arik

Panaskan 2 sdm minyak dalam wajan, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan daun bayam, aduk sebentar. Tuangkan telur kocok, aduk-aduk hingga bergumpal kasar. Angkat. Jika suka, sajikan dengan taburan keju cheddar parut. Sajikan hangat.



Simak Video "Berburu Sarapan Pagi di Pasar Muara Karang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)