Ini 5 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Sehatkan Jantung

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 21 Jun 2021 06:00 WIB
Manfaat Sehat Brokoli untuk Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Brokoli masuk ke dalam daftar superfood karena kaya nutrisi. Karenanya sangat baik dikonsumsi secara rutin. Berikut 5 manfaat brokoli untuk kesehatan.

Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan sejumlah vitamin, mineral dan serat. superfood. Sayuran berwarna hijau ini bisa diolah dengan berbagai cara.

Brokoli bisa direbus, dijadikan tumisan, campuran sup, hingga smoothies dengan tambahan bahan lainnya. Kamu bisa mengonsumsi secara rutin kalau ingin merasakan manfaat sehatnya.

Dilansir dari Livestrong (9/6), berikut 5 manfaat brokoli untuk kesehatan.

1. Kandungan Nutrisi Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhManfaat Sehat Brokoli untuk Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Sebagai super food, brokoli menyimpan banyak nutrisi penting untuk tubuh. Dalam 1 cup (91 gram) brokoli yang telah dipotong mengandung 31 kalori. Karena kalorinya cukup rendah, brokoli bisa digunakan untuk makanan diet.

Selain itu, brokoli juga mengandung sodium, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin B, vitamin C, vitamin E, hingga vitamin K. Ada juga kandungan potasium, fosfor, asam folat, zinc, dan lainnya.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya

2. Menyehatkan kulit wajah

Sayuran hijau yang menyehatkan ini ternyata juga bisa membantu menyehatkan kulit wajah. Karena di dalam brokoli terdapat kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C dalam brokoli berperan sebagai zat antioksidan. Artinya zat tersebut bisa memproteksi sel kulit wajah dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Biasanya disbabkan karena polusi udara atau asap rokok.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Makan Mun Haisom hingga Scallop Cah Brokoli"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com