10 Makanan yang Mengandung Protein untuk Diet Turunkan BB

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 17 Jun 2021 06:00 WIB
olahan telur praktis buat sarapan Foto: Instagram
Jakarta -

Konsumsi makanan yang mengandung protein untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan dan membangun otot. Berikut ini daftar makanan tinggi protein.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein akan membuat seseorang kenyang lebih cepat dan tahan lama sehingga mengonsumsi kalori lebih sedikit.

Selain itu, asupan makanan tinggi protein juga mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga membakar kalori dan lemak lebih banyak. Konsumsi makanan tinggi protein ini setiap hari agar diet semakin optimal.

Karenanya dalam mengatur pola makan,untuk diet, makanan sumber karbohidrat dikurangi dan makanan tinggi protein ditambah. Dilengkapi dengan asupan buah dan sayuran segar.

Berikut 10 makanan yang mengandung protein untuk diet turunkan berat badan:

1. Jagung

Jagung manis seberat 100 gram mengandung sekitar 15,9 gram protein dan 96 kalori. Jenis protein pada jagung dikenal dengan sebutan zein. Protein ini baik untuk diet.

2. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang tinggi protein. Ikan berukuran 100 gram biasanya mengandung 20 gram protein. Beberapa ikan yang bisa dikonsumsi selama diet dengan kandungan protein tinggi antara lain, salmon, tuna, lele, bandeng hingga cakalang.

3. Kacang Polong

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan ringan yang bisa dijadikan camilan diet yang sehat. Kacang polong diperkaya serat dan protein yang bisa membuat perut kenyang sehingga mengurangi asupan kalori.

Kacang polong10 Makanan yang Mengandung Protein untuk Diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

4. Almond

Masih dari kerluarga kacang-kacangan, almond juga termasuk makanan yang mengandung protein untuk diet. Setipa 30 g kacang almond memiliki 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, dan vitamin E.

5. Brokoli

Brokoli adalah genus Brassica oleracea, masih satu keluarga dengan kubis serta kembang kol. Dalam satu cangkir brokoli mengandung 96 gram protein dan 31 kalori. Brokoli untuk diet bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus atau ditumis.

Makanan apa saja yang mengandung protein dan baik untuk menurunkan berat badan? Baca daftar lengkapnya DI SINI !



Simak Video "Tinggi Protein, Begini Cara Mengolah Ikan Nila!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com