ADVERTISEMENT

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Apa Menyehatkan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 09 Jun 2021 08:00 WIB
Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?
Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott

Risiko kesehatan minum proffee

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan? Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott

Dikutip dari Fox News (8/6), tren minum proffee di TikTok seolah-olah menunjukkan minuman ini ampuh menurunkan berat badan. Kombinasi kopi dan bubuk protein juga dianggap menjadi alternatif minum kopi aneka rasa (flavoured coffee) yang lebih menyehatkan.

Namun Dr. Robert Glatter dari rumah sakit Lenox Hill di New York City memberi pandangannya. "Kenyataannya adalah bahwa proffee tidak perlu dan bahkan mungkin berbahaya konsumsinya," kata Glatter.

Glatter menyoroti sebagian besar orang sudah mengasup protein dalam jumlah cukup lewat pola makan mereka sehari-hari. Kemudian kebanyakan bubuk protein dikemas dengan gula tambahan.

Jadi ketika seseorang coba menambahkan bubuk protein ke dalam kopi, sangat penting memastikan bubuk protein tersebut tidak diberi pemanis dan minim bahan tambahan. Sebab beberapa merek bubuk protein mengandung hingga 23 gram gula tambahan per scoop-nya.

Glatter juga mengatakan minum terlalu banyak kafein dengan bubuk protein bisa menyebabkan masalah kesehatan. "Mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan aritmia jantung, peningkatan tekanan darah dan sebenarnya dapat meningkatkan risiko dehidrasi," katanya.

Ia melanjutkan, "Dalam jangka panjang, memilih camilan rendah lemak dengan serat dan protein adalah pilihan yang lebih sehat daripada menambahkan satu sendok bubuk protein ke dalam kopi."


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT