Ini 5 Dampak yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidak Sarapan

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 06:00 WIB
Dampak Kalau Tidak Sarapan Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang dianjurkan sarapan agar mendapatkan manfaat kesehatan untuk tubuh. Sayangnya, banyak orang melewatkan sarapan. Berikut dampaknya pada tubuh!

Sarapan adalah sebuah kegiatan wajib di pagi hari untuk meningkatkan semangat dalam menjalani hari. Sarapan juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kalau diterapkan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Sarapan bisa menyehatkan tubuh seseorang juga diungkapkan oleh beberapa ahli. Salah satunya menjelaskan kalau sarapan sangat baik dilakukan untuk mereka yang berolahraga di pagi hari. Karena otot mereka akan membutuhkan dorongan protein untuk pemulihannya.

Menu sarapan sehat yang bisa dikonsumsi sangat banyak ragamnya. Seperti mengonsumsi teh, kopi hitam, sandwich, omelet, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan

Sedangkan, untuk orang yang biasa tidak sarapan bisa memiliki dampak pada tubuhnya. Dilansir dari Eat This (10/5), berikut 5 dampak melewatkan sarapan pada tubuh.

1. Bisa Kehilangan Berat Badan

Banyak orang yang mendambakan berat badan cepat turun dengan melewatkan sarapan. Mereka beranggapan dengan tidak sarapan, artinya jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit.

Padahal faktanya beberapa ahli menyebutkan hubungannya kecil atau bahkan tidak ada hubungan antara tidak sarapan dengan penurunan berat badan. Sebuah penelitain yang diterbitkan oleh British Medical Journal menyimpulkan dalam analisis mereka bahwa mungkin hanya ada perbedaan kecil dalam berat badan yang mendukung peserta saat melewatkan sarapan.

2. Jumlah Kalori yang Dikonsumsi Lebih Sedikit

Dampak Kalau Tidak SarapanDampak Kalau Tidak Sarapan Foto: iStock

Biasanya orang yang sedang program menurunkan berat badan lebih memilih untuk tidak sarapan, karena percaya berat badan akan turun dengan cepat. Hal ini dikarenakan tidak ada makanan yang dikonsumsi memnbuat jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh jadi lebih sedikit.

Pada sebuah penelitian di tahun 2010 menyebutkan kalau rata-rata orang Amerika mengonsumsi 2.481 kalori per harinya. Hal tersebut membuat orang Amerika banyak melewatkan sarapan untuk mengurangi asupan kalori tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com