7 Makanan dan Minuman Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan

Odilia WS - detikFood Rabu, 08 Jul 2020 07:00 WIB
Menu Sarapan di Negara Tersehat di Dunia Foto: Istimewa
Jakarta -

Sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Tak asal makan, ada makanan dan minuman terbaik dikonsumsi saat sarapan. Apa saja?

Semua orang setuju jika sarapan merupakan waktu makan terpenting setelah 8 jam berpuasa sejak malam hari. Banyak ahli nutrisi menganjurkan untuk tidak melewatkan sarapan. Ini karena sarapan punya banyak manfaat sehat.

Namun, sarapan tak harus banyak porsinya. Yang paling penting harus memilih jenis makanan dan minuman yang bisa memberi asupan terbaik bagi tubuh di pagi hari. Menjaga tubuh tetap sehat bahkan mengatasi atau mencegah penyakit serius pada tubuh.

Lalu makanan dan minuman apa yang terbaik dikonsumsi di pagi hari? Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, berikut ini 7 makanan dan minuman tebaik dikonsumsi saat sarapan.



1. Buah segar

Buah segar memang harus dikonsumsi dalam menu harian. Ini karena buah kaya akan vitamin, mineral, serat dan rata-rata rendah kalori. Satu mangkuk buah cincang hanya mengandung sekitar 80-130 kalori tergantung jenisnya.

Seperti jeruk kaya akan vitamin C bahkan melebihi jumlah asupan harian yang dianjurkan. Selain itu buah banyak mengandung cairan yang bisa menghidrasi tubuh di pagi hari. Beberapa buah segar bahkan kaya akan serat dan antioksidan yang bisa menurunkan risiko penyakit.

Padukan buah segar sebagai smoothies yang enak, jadikan topping sandwich atau tambahkan pada semangkuk yoghurt tawar. Sebaiknya tak menambahkan gula berupa madu atau pemanis lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]