Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super

ADVERTISEMENT

Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 03 Jun 2021 05:00 WIB
Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

2. Arti diet 20/20

Angka 20 merujuk pada 20 "power foods" yang disarankan Dr. Phil untuk dikonsumsi. Makanan tersebut bersifat termogenik alias memiliki kecenderungan untuk memproduksi panas.

Kedua puluh makanan tersebut adalah minyak kelapa, teh hijau, mustard, minyak zaitun, almond, apel, kacang chickpea, plum kering, prunes, sayuran hijau, lentil, selai kacang, pistachio, kismis, yogurt, telur, ikan cod, rye, tahu, dan bubuk whey.

Meski terdengar menjanjikan, nyatanya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan kalau 20 makanan tersebut membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dibanding makanan lain. Beberapa makanan yang disarankan seperti selai kacang dan buah kering justru tinggi kalori yang pada akhirnya bisa merusak rencana penurunan berat badan.

3. Empat fase diet 20/20

Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan SuperDiet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Diet 20/20 terdiri dari 4 fase. Selama menjalani tiap fase, pelaku diet ini harus makan 4 jenis makanan yang disarankan dalam jangka waktu 4 jam sekali.

Fase 1: The Five-Day Boost. Pelaku diet hanya dibolehkan makan 20 "power foods" yang disarankan Dr. Phil.

Fase 2: The Five-Day Sustain. Pelaku diet boleh menambahkan makanan di luar 20 makanan tadi, tapi tiap waktu makan utama atau ngemil, setidaknya mengandung 2 unsur dari 20 makanan yang disarankan.

Fase 3: The 20-Day Attain. Fase ini lebih panjang dibanding fase 1 dan 2. Setiap makanan harus mengandung setidaknya 1 dari 20 "power foods." Pelaku diet boleh mulai menambahkan 2 makanan favoritnya tiap minggu, tapi hanya jika nilai kalorinya dibawah 100.

Fase 4: Manajemen. Fase ini adalah fase mempertahankan berat badan ideal dan menciptakan kebiasaan makan baru. Dr. Phil memberikan tips-tips seputar pola makan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT