10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Ampuh

Novia Aisyah - detikFood Selasa, 01 Jun 2021 06:00 WIB
cara mengecilkan perut Foto: iStock
Jakarta -

Cara mengecilkan perut yang buncit sebetulnya ada banyak, tetapi tidak semua cara yang bisa kita temukan adalah cara yang sehat. Mengecilkan lingkar perut dengan cara yang alami akan lebih baik daripada dengan cara yang instan.

Menurut Dr. Saleyha Ahsan dalam BBC Food UK, lemak di perut bisa saja menjadi tanda bahwa kesehatanmu berada dalam risiko. Selain faktor risiko kesehatan, lingkar perut yang berlebihan terkadang bisa membuat seseorang kurang percaya diri.

Kalau kamu juga sedang mencari cara mengurangi lingkar perut secara alami dan efektif, simak 10 tips di bawah ini:

1. Memilih asupan yang benar

Cara mengecilkan perut yang paling mudah adalah dengan menyantap lebih banyak buah dan sayur. Mengutip dari Healthline, pilih buah dan sayur yang mengandung banyak serat larut, vitamin D, dan probiotik.

Selain itu, hindari makanan mengandung banyak gula, makanan olahan, dan karbohidrat olahan. Jika menghindari sederet makanan jenis ini, kamu akan lebih cepat menghilangkan lemak dan kalori dalam tubuhmu.

2. Lakukan gaya hidup sehat

Ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk memulai gaya hidup sehat. Di antaranya adalah dengan menghindari alkohol, berjalan-jalan setiap pagi, dan mengurangi konsumsi kopi.

Menurut sumber yang sama, berjalan-jalan di luar rumah sambil menikmati vitamin D matahari akan membantumu menurunkan berat badan lebih cepat. Sebagai tambahan, cari kegiatan yang ampuh dalam meredakan stres karena hormon stres dapat membuat tubuh terus menyimpan lemak perut.

3. Melakukan HIIT

Apa itu HIIT? HIIT adalah kepanjangan dari high-intensity interval training.

Olahraga dengan tingkat intensitas yang tinggi lebih efektif daripada olahraga kardio biasa. Kamu bisa mencoba HIIT dengan treadmill.

4. Yoga

Walaupun terlihat ringan, sebetulnya yoga adalah jenis olahraga yang langsung mentarget lingkar pinggang. Yoga tidak hanya membantu membakar kalori, tetapi juga ikut membantu manajemen stres.

5. Coba bergerak setiap hari

Menurut Women's Health, jika secara konsisten berjalan sebanyak 10.000 langkah setiap hari, kamu dapat membakar hingga 500 kalori per harinya. Hal ini ditujukan untuk menciptakan defisit kalori dalam tubuh kita.

Namun, bagaimana jika tak sempat melakukannya? Jika tak sempat, maka kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti menaiki anak tangga, melakukan pekerjaan rumah, atau bermain dengan anak-anak.

6. Jangan tertipu dengan olahraga abdomen

Kita seringkali berpikir bahwa fokus berolahraga pada bagian tubuh yang akan dibentuk adalah cara yang tepat. Padahal, tubuh kita tidak bekerja dengan cara demikian.

Masih menurut Women's Health, lingkar pinggang yang kecil didapatkan dari kombinasi antara asupan nutrisi yang tepat, olahraga dengan target seluruh tubuh, dan manajemen metabolisme. Jenis olahraga yang targetnya untuk seluruh tubuh akan mempercepat metabolisme serta pembakaran kalori dan lemak.

7. Jangan hilangkan karbohidrat sama sekali

Banyak yang mengira bahwa menghindari karbohidrat sama sekali adalah cara terbaik, padahal kita tetap membutuhkannya. Kamu bisa pilih jenis karbohidrat dalam gandum, beras merah, oatmeal dan sejenisnya, yang melepaskan energi lebih lambat.

8. Prioritaskan asupan protein

Protein membuat kita merasa kenyang lebih lama dan membantu memperbaiki otot serta sel-sel dalam tubuh. Tidak ada salahnya mengkonsumsi telur, ikan, kacang-kacangan, atau produk susu selama tidak berlebihan.

9. Usahakan tidur cukup

Menurut Harvard Health Publishing dari Harvard Medical School, orang dewasa di bawah 40 tahun yang tidurnya 5 jam atau kurang, akan menambah lemak visceralnya lebih signifikan.

Lemak visceral adalah lemak yang letaknya ada di ruang antara organ perut dan jaringan celemek yang disebut omentum. Tetapi, tidur lebih dari 8 jam per hari juga akan menyebabkan efek yang sama.

10. Jangan tergesa-gesa untuk langsing

Kembali mengutip dari BBC Food UK, setiap orang punya tingkat kecepatan yang berbeda dalam mengecilkan perut. Jadi, dengan saran yang sama, hasil yang dilakukan tiap orang juga bisa jadi berbeda. Pastikan tetap konsisten mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah serta hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan juga gula.

Itu dia, 10 cara mengecilkan perut yang patut dicoba. Jangan lupa sabar dan konsisten ya!



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com