Begini 6 Cara Minum Teh untuk Kecilkan Perut

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 11 Mar 2021 05:00 WIB
cara minum teh untuk kecilkan perut yang tepat. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Teh sudah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya bisa mengecilkan perut asalkan dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Teh adalah salah satu minuman yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman yang terbuat dari tanaman Camellia sinensis ini jadi favorit banyak orang.

Ada sekitar 4 jenis teh yang umum diminum, yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Keempatnya mengandung zat antioksidan yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain meredakan penyakit, teh juga bisa digunakan untuk mengecilkan perut. Dilansir dari Eat This (1/3), Jessica Bippen seorang ahli diet menjelaskan kalau minum teh dapat menghidrasi tubuh dan meningkatkan fungsi pencernaan sehingga baik dikonsumsi untuk mengecilkan perut.

Tentu saja ada beberapa cara minum teh yang perlu diperhatikan agar dapat melunturkan lemak dalam perut. Mulai dari memilih jenis teh yang tepat hingga memerhatikan penggunaan gula.

Berikut 6 cara minum teh yang tepat untuk mengecilkan perut:

1. Pilih Teh yang Tepat

cara minum teh untuk kecilkan perut yang tepat.cara minum teh untuk kecilkan perut yang tepat. Foto: Getty Images/iStockphoto

Walaupun semu teh sejatinya memiliki manfaat sehat, namun ada beberapa jenis yang tepat dikonsumsi untuk mengecilkan perut. Bippen merekomendasikan untuk mengonsumsi teh herbal dan tisane.

"Ada beberapa teh yang dapat mengurangi perut kembung dan membantu pencernaan, yang paling umum adalah teh jahe, adas, peppermint, dan dandelion," ujar Bippen.

"Teh dandelion memberikan efek diuretik alami, teh ini bisa meningkatkan produksi urin yang nantinya akan mengeluarkan cairan dari tubuh melalui ginjal. Hal ini berarti teh dandelion dapat membantu mengurangi kembung dan kelebihan air dalam perut," sambungnya.

Pada beberapa penelitian, teh yang mudah ditemui seperti teh hitam dan teh putih disebutkan bisa mengecilkan perut. Seperti studi pada tahun 2014 yang menemukan kalau minum 3 cangkir teh hitam setiap hari bisa menurunkan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang secara signifikan.

Baca Juga: Benarkah Rajin Minum Teh Bisa Turunkan Berat Badan?

2. Jangan Tambahkan Pemanis Buatan

Bippen juga menegaskan untuk tidak menambahkan pemanis buatan ke dalam teh yang akan kamu konsumsi. "Tubuh tidak akan mencerna dan menyerap gula atau pemanis buatan seperti sorbitol, mannitol, dan xylitol," tuturnya.

Pemanis buatan seperti sucralose dan stevia juga sebaiknya tidak dicampurkan ke dalam teh. Karena salah satu penelitian pada tahun 2019 menunjukkan kalau pemanis itu bisa mengubah mikrobiota usus. Di mana bisa menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di usus yang mengakibatkan perut kembung, diare, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengenal Arti dan Cara Pairing Teh yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com