7 Alasan Teh Efektif Turunkan Berat Badan, Berikut Jenis yang Disarankan

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 06 Des 2020 06:00 WIB
Teh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Tak sekadar hangatkan badan, minum secangkir teh bermanfaat untuk pelaku diet. Berikut 7 alasan teh efektif turunkan berat badan.

Saat cuaca mulai dingin terutama pada musim hujan kebutuhan akan minuman hangat pasti meningkat. Teh menjadi salah satu pilihan yang bisa dinikmati saat cuaca sedang terasa lebih dingin.

Bukan hanya menghangatkan, teh juga memiliki aroma yang bisa menenangkan. Teh juga dipilih banyak orang sebagai minuman yang bikin rileks.

Seduhan daun teh yang mengandung asam lemak omega-6, polifenol, asam amino dan berbagai kandungan mineral lain juga bagus untuk tubuh. Mulai dari bantu keluarkan racun dalam tubuh hingga stabilkan berat badan.

"Meskipun penurunan berat badan paling efektif dengan pendekatan nutrisi dan olahraga yang seimbang, teh dapat menunjang penurunan berat badan," kata Carrie Lupoli, seorang ahli gizi

Berikut 7 alasan teh efektif turunkan berat badan seperti yang dirangkum dari Eat This, Not That! (30/11):

1. Cegah Keinginan Ngemil

Tubuh selalu memberikan sinyal apapun, termasuk keinginan ngemil. Tapi bisa jadi, keinginan ngemil bukan merupakan sinyal lapar, melainkan sinyal rasa bosan.

Lupoli menyarankan ketika tubuh mulai berpikir untuk ngemil, coba atasi dengan minum teh dulu. Menurutnya sinyal lapar yang diberikan tubuh bisa jadi sebenarnya berupa dehidrasi.

"Menyeduh secangkir teh panas dapat memberi tubuh 'pengisi' untuk kebutuhan itu dan membuat merasa kenyang," kata Lupoli.

2. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari, Bisa Turunkan Darah Tinggiteh Foto: Getty Images/Image Source

"Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh secara alami mulai melambat, tetapi ketika konsumsi asupan yang tepat maka dapat membuatnya tetap bekerja dengan baik," kata Lupoli. Lupoli merekomendasikan minum teh hijau karena kandungan kafein dan antioksidan katekin di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme.

Ketika metabolisme bekerja dengan baik maka kalori juga akan terbakar dengan efektif. Penelitian pada 2009 mengungkapkan bahwa responden yang minum 4-5 cangkir teh hijau setiap hari lebih banyak membakar kalori daripada peminum non-teh meskipun mereka melakukan jumlah olahraga yang sama.

Baca Juga: Minumlah Teh di Pagi Hari dan Dapatkan 7 Manfaat Sehat Ini

3. Menggantikan Minuman Tinggi Kalori

Jika sering konsumsi soda, minuman berenergi atau minuman manis lainnya coba ganti dengan teh untuk bantu turunkan berat badan. Dr. Josh Axe, pendiri Ancient Nutrition dan penulis buku Ancient Remedies, menambahkan bahwa teh mengandung nol kalori selama kamu tidak menambahkan gula, susu, atau pemanis lainnya.

"Ini bisa menjadi penghemat kalori tanpa membuat merasa lapar," kata Lupoli. Sebagai gantinya konsumsi teh tanpa gula untuk membantu penurunan berat badan menjadi langkah yang lebih efektif.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Perjalanan Mencari Teh Osreng, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com