Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 03 Jun 2021 05:00 WIB
Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis
Jakarta -

Berbagai pola diet baru terus bermunculan. Salah satunya diet 20/20 yang digagas Dr. Phil McGraw. Seperti apa aturan dalam diet ini?

Diet atau usaha menurunkan berat badan ada banyak jenisnya. Setiap orang idealnya mengonsultasikan dahulu kepada ahli gizi mengenai kondisi kesehatan mereka sebelum memulai pola diet tertentu.

Namun tetap saja banyak orang putuskan langsung menjalani suatu jenis pola diet. Biasanya pola diet yang dipilih adalah yang menjanjikan penurunan berat badan ideal, cepat, atau memiliki aturan yang dirasa fleksibel.

Mengenai jenisnya, ada banyak pola diet yang bisa dicoba. Salah satu yang baru dan tengah jadi perbincangan adalah diet 20/20.

Diet ini diciptakan Dr. Phil McGraw. Ia dikenal luas di Amerika Serikat lewat acara Dr. Phil yang tayang sejak tahun 2002 melalui Oprah Winfrey Network.

Lalu apa itu diet 20/20? Detikfood merangkum informasinya seperti berikut:

1. Konsep dasar diet 20/20

Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan SuperDiet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan Super Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Dikutip dari Very Well Fit (2/6), Dr. Phil memperkenalkan diet 20/20 melalui buku terbarunya yang berjudul The 20/20 Diet: Turn Your Weight Loss Vision Into Reality. Ia menciptakan 4 fase penurunan berat badan berdasarkan konsep "power foods."

Menurut Dr. Phil, ada jenis makanan yang butuh lebih banyak energi untuk dicerna, yang pada akhirnya bisa membantu penurunan berat badan. Ia juga mengklaim diet 20/20 bisa membantu pelaku diet yang sering alami kondisi yo-yo alias berat badan kembali seperti semula setelah turun berat badan.

Buku mengenai diet 20/20 sebenarnya diterbitkan tahun 2015, namun sampai sekarang popularitasnya belum meredup. Banyak pelaku diet pun tertarik dengan konsep diet 20/20, meski Dr. Phil tidak memiliki latar pendidikan dokter atau ahli gizi. Ia sendiri memiliki gelar doktor untuk ilmu psikologi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com