8 Minuman Enak yang Cocok untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Tim Detikfood - detikFood Senin, 31 Mei 2021 05:00 WIB
Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita Diabetes Foto: iStock
Jakarta -

Diet tak hanya melulu mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah kalori. Minuman yang dikonsumsi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Minuman yang rendah kalori, meningkatkan metabolisme, dan mengandung antioksidan yang tinggi baik dikonsumsi saat diet. Minuman ini bisa dikonsumsi setiap hari dengan takaran yang wajar atau disarankan.

Berikut 8 minuman enak yang cocok untuk diet menurunkan berat badan.

1. Teh Hijau

Selain tinggi nutrisi, teh hijau mengandung zat antioksidan yang tinggi. Dikutip dari Health Line,teh hijau merupakan salah satu minuman yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Sejumlah penelitian menunjukkan teh hijau ampuh menurunkan berat badan. Orang yang minum teh hijau dalam 12 minggu, rata-rata mengalami berat badan yang turun hingga 3,5 kg dibanding yang tidak minum teh hijau.

Penurunan berat badan tersebut disebabkan oleh olahan teh hijau yang mengandung katekin dalam jumlah tinggi, antioksidan yang bertugas untuk meningkatkan pembakaran lemak, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, orang yang minum teh hijau cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

2. Kopi

Kopi biasanya dikonsumsi untuk meningkatkan energi dan suasana hati. Tapi, kopi juga merupakan minuman yang cocok untuk diet karena mengandung kafein.

Kafein bertindak sebagai stimulan dalam tubuh yang membantu menurunkan berat badan. Minum kopi juga membantu mengurangi asupan energi dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Studi menunjukkan asupan kafein terbukti meningkatkan pembakaran lemak.

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffee8 Minuman Enak yang Cocok untuk Diet Menurunkan Berat Badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti

3. Teh Hitam

Seperti halnya dengan teh hijau, teh hitam dapat membantu menurunkan berat badan.

Teh hitam adalah jenis teh yang banyak mengalami oksidasi dibandingkan jenis teh lainnya, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap.

Teh hitam kaya akan polifenol yaitu antioksidan kuat yang dapat menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat mengurangi asupan kalori, merangsang pemecahan lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri usus baik.

4. Air putih

Minuman yang cocok untuk diet selanjutnya yaitu air putih. Minum banyak air putih dapat meningkatkan rasa kenyang lebih cepat dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

Sebuah studi pada 48 orang dewasa yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mereka yang minum 500 ml air sebelum makan sambil mengikuti diet rendah kalori, kehilangan 44 persen lebih banyak berat badan selama 12 minggu.

Minuman apa saja yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com