Minum Kopi Saat Sarapan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tim Detikfood - detikFood Minggu, 23 Mei 2021 05:00 WIB
budaya minum kopi Foto: iStock
Jakarta -

Saat sedang menurunkan berat badan, sebaiknya minum kopi saat sarapan. Karena kopi bisa membantu turunkan berat badan. Ini penjelasannya.

Saat sedang menjalankan program diet mungkin kamu akan sangat selektif memilih menu sarapan. Pasalnya, sarapan ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Dengan sarapan, tubuh mendapatkan energi untuk beraktivitas hingga jam makan siang. Kamu tak perlu makan camilan yang mempengaruhi program diet. Salah satu minuman yang dinikmati saat sarapan adalah kopi.

Dikutip dari CNN Indonesia (21/5) banyak orang tidak menyadari manfaat dari minum kopi. Padahal minuman dengan aroma yang khas ini juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Apalagi kalau diminum di pagi hari.

Kopi dapat meningkatkan adrenalin sehingga kamu akan semangat menjalani hari. Kopi juga meningkatkan mood, menurunkan risiko demensia, hingga membantu program diet.

Dokter Bob Arnot dalam bukunya The Coffee Lover's Diet mempopulerkan diet kopi. Melansir Healthline, minum kopi beberapa kali sehari dapat meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak lemak, memblokir penyerapan kalori, hingga menurunkan nafsu makan.

Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang disebut polifenol. Antioksidan ini memiliki manfaat mengurangi peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, kopi terbukti dapat menekan nafsu makan sehingga membantu mengurangi asupan kalori harian. Minum kopi sesaat sebelum makan dapat menurunkan tingkat lapar dan membuat kamu makan lebih sedikit, artinya kalori yang masuk tubuh juga lebih sedikit.

Tapi bukan berarti kamu hanya sarapan dengan minum kopi agar berat badan tak naik. Kamu juga harus mengonsumsi makanan sehat lainnya saat sarapan bersama dengan kopi.

Selain itu, pastikan tidak menggunakan gula tambahan atau krimer pada kopi. Kolaborasi dua bahan ini akan membuat kandungan kopi menjadi tinggi gula.

ilustrasi minum kopiMinum Kopi Saat Sarapan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan. Foto: thinkstock

Kopi tak disarankan untuk penderita insomnia

Idealnya minum kopi setelah sarapan atau dibarengi dengan makan pagi. Sebab, beberapa orang yang punya kesulitan tidur di malam hari tak disarankan minum kopi di pagi hari karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Profesor Fisiologi Metabolik di Universitas Bath, James Betts mengatakan, orang dengan gangguan tidur sebaiknya minum kopi setelah sarapan. Pastikan sarapan kamu juga rendah gula sehingga tak membuat kadar glukosa darah naik.

"Kita bisa memperbaiki kontrol gula darah yang terganggu dengan makan dulu kemudian minum kopi," kata Bath, dilansir Eat This, Not That!
Jika kamu kesulitan untuk tidur di malam hari, sebaiknya menghindari minum kopi dekat dengan waktu tidur. Minum kopi yang disarankan adalah pagi hari setelah sarapan.



Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com