Kopi Tanpa Gula Paling Baik Dikonsumsi Menurut Ahli Diet

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 20 Mei 2021 05:00 WIB
Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya Foto: iStock
Jakarta -

Jenis kopi yang bisa dinikmati sangatlah beragam. Namun, ahli diet menegaskan kalau kopi yang paling baik dikonsumsi karena menyehatkan adalah kopi tanpa gula.

Kopi salah satu minuman yang banyak digemari di dunia. Jenisnya pun beragam dan bisa dinikmati dengan cara apapun.

Saat ini minum kopi juga sudah menjadi kebiasaan baru bagi sebagian orang. Banyak di antara mereka yang tak bisa kelewatan minum kopi dalam sehari.

Gerai coffee shop juga telah menjamur. Kebanyakan kopi yang mereka tawarkan sudah bergaya modern dengan tambahan gula, susu, sirup, hingga krim yang melimpah.

Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannyakopi tanpa gula. Foto: iStock

Baca Juga: Wah! Kebiasaan Minum Kopi Ternyata Dipengaruhi oleh Faktor Genetika

Namun, kopi jenis itu sebaiknya tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Karena kandungan gulanya sangat banyak dan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Dilansir dari Eat This (7/5), beberapa ahli diet menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi dengan tambahan gula. Agar manfaat sehat pada kopi bisa dirasakan oleh tubuh.

"Cara terbaik untuk menikmati kopi adalah dengan membuatnya sesuka kamu, tetapi harus sadar apa yang kamu tambahkan ke dalam kopi," ujar Amy Goodson seorang ahli diet yang juga penulis buku 'The Sports Nutrition Playbook'.

"Banyak minuman yang ditambahkan gula dan dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkar pinggang apabila dikonsumsi terus-menerus. Sebaiknya lakukan perubahaan saat memesan kopi dengan menggunakan susu rendah lemak, mengurangi jumlah siup," lanjutnya.

Ahli diet bernama Lisa Young lebih menyarankan para penikmat kopi untuk menyeduh sendiri di rumah. Karena cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah untuk mengurangi kalori.

drinkPangeran Philip Rutin Minum Kopi Hitam di Pagi Hari, Ini 5 Manfaat Sehatnyakopi tanpa gula. Foto: Getty Images/iStockphoto

"Yang paling penting itu apa yang ditambahkan ke dalam kopi. Kamu bisa gunakan susu sapi atau susu nabati yang tanpa pemanis dibandingkan menggunakan krim, kayu manis juga bisa jadi pengganti gula," kata lisa Young.

Selain itu, kamu juga bisa menaburkan bubuk protein favorit sebagai pengganti krim dan pemanis pada kopi. Hal ini disarankan oleh Megan Byrd seorang ahli diet.

"Kopi berprotein mungkin salah satu cara terbaik untuk minum kopi di pagi hari. Tidak hanya meningkatkan metabolisme, tapi rasanya juga enak," ujar Byrd.

"Membuat kopi dengan bubuk protein bisa menambahkan rasa manis tanpa banyak tambahan karbohidrat dan perasa buatan. Kopi berprotein juga bisa membantumu kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan ngemil di siang hari," sambungnya.

Baca Juga: Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya



Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com