Teh Hijau untuk Diet Penurunan Berat Badan, Efektifkah?

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 23 Apr 2021 10:30 WIB
tea cup with tea leaves Foto: Getty Images/iStockphoto/KMNPhoto
Jakarta -

Teh hijau dikenal dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau disebut dapat menghilangkan lemak dam menurunkan berat badan dengan cepat.

Menghilangkan lemak membutuhkan kombinasi yang cermat antara makan makanan sehat, olahraga, mengurangi stres, dan cukup tidur.

Teh hijau adalah sesuatu yang sangat mirip dengan ramuan penurun berat badan. Minuman ini akan membantu meningkatkan metabolisme, mengatur gula darah, dan membuang lemak perut.

Berikut beberapa penjelasan tentang teh hijau untuk diet yang dilansir dalam Eat This:

1. Mengaktifkan Lemak 'Baik'

Tubuh kamu terdiri dari dua jenis lemak yaitu lemak putih dan lemak coklat. Sementara lemak putih adalah jenis lemak yang biasanya kita kenal sebagai zat licin di tubuh yang muncul saat kita menambah berat badan.

Sedangkan lemak coklat dikenal jumlahnya sedikit di dalam tubuh yang dapat membantu menyedot lemak putih keluar dari tubuh dan berkontribusi pada peningkatan kadar insulin.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa bersama dengan kafein, senyawa katekin dalam teh hijau dapat meningkatkan lemak coklat di antara peserta penelitian. Dan semakin banyak lemak coklat pembakar kalori yang dimiliki orang dewasa, semakin baik.

2. Mengecilkan Sel Lemak

Saat kamu ingin menghilangkan lemak (putih), kamu tidak benar-benar menyingkirkan sel-sel lemak. Sebaliknya, sel lemak atau adiposit, menyusut.

Senyawa dalam teh hijau yang disebut katekin sebenarnya membantu mengaktifkan penyusutan ini. Katekin memicu pelepasan lemak dari sel lemak, terutama di perut.

3. Menghancurkan Lemak Perut

Katekin paling kuat dalam teh hijau adalah EGCG, senyawa pembangkit tenaga listrik yang bertanggung jawab atas sebagian besar sifat penurunan berat badan pada teh hijau.

Selain meningkatkan metabolisme pembentukan sel lemak baru. Satu studi menemukan bahwa pria yang minum teh hijau yang mengandung 136 miligram EGCG kehilangan berat badan dua kali lebih banyak daripada kelompok plasebo dan empat kali lebih banyak lemak perut selama tiga bulan.

Jumlah EGCG dalam teh hijau bervariasi namun rata-rata teh hijau mengandung 25-86 mg EGCG per porsinya.

4. Rendah Kalori

Manfaat teh hijau untuk diet adalah minuman ini bebas kalori. Kamu dapat mengganti soda manis dan minuman tidak sehat dengan secangkir teh hijau yang nikmat.

Pastikan untuk membatasi penambahan pemanis agar minuman sehat ini tidak menjadi penambah kalori. Cobalah menyeduh teh hijau dengan tambahan daun stevia alami untuk menambah kenikmatan rasa juga aroma.

Secara umum manfaat teh hijau untuk diet dapat membantu mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak.

Efek penurunan berat badan teh hijau juga diminimalkan dengan asupan kafein yang tinggi.

Manfaat teh hijau untuk diet memang sudah dikenal, namun usahakan kamu mengonsumsinya secara tepat. Jumlah yang disarankan adalah 2-3 cangkir teh hijau per hari.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Maryland Medical Centre. Namun untuk jumlah tepatnya, konsumsi teh hijau bisa berbeda antar orang karena tergantung metabolisme alami mereka.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com