Terungkap! Ini Dua Waktu Terbaik Minum Teh Hijau Demi Kesehatan

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 05:00 WIB
5 Tips Menyeduh Teh Hijau Ini Efektif Turunkan Berat Badan Foto: iStock
Jakarta -

Teh hijau sejatinya adalah minuman yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tapi, agar hasilnya maksimal, waktu mengonsumsinya perlu diperhatikan.

Teh hijau biasa dikonsumsi demi kesehatan tubuh. Teh yang populer di Jepang ini memiliki rasa yang ringan dengan warna agak kehijauan.

Teh hijau diketahui menyimpan beragam nutrisi penting. Seperti zat antioksidan yang tinggi di mana berfungsi untuk meningkatkan metabolisme. Teh hijau juga tinggi antioksidan yang membuat tubuh tak mudah terserang penyakit.

Kandungan kalori dalam teh hijau juga rendah. Dalam satu cangkir teh hijau (236 mililiter) mengandung sekitar 2,45 kalori saja, seperti dilansir dari Live Strong (24/2).

Karena kalorinya yang rendah, teh hijau sering dikonsumsi oleh para pelaku diet. Teh hijau diketahui bisa menurunkan berat badan.

healthy green tea  isolated on white backgroundteh hijau Foto: iStock

Baca Juga: 7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan

Kalau ingin merasakan kesehatan teh hijau yang maksimal, ada baiknya mengonsumsi teh hijau di waktu yang tepat. Dilansir dari Health Line (28/10), ada 2 waktu terbaik minum teh hijau.

1. Pagi Hari

Teh hijau salah satu minuman yang biasa dikonsumsi pagi hari saat sarapan. Baik dikonsumsi pagi hari karena bermanfaat dalam meningkatkan fokus serta konsentrasi.

Selain mengandung kafein, teh hijau juga mengandung L-theanine. Kandungan tersebut dapat memberikan efek menenangkan.

2. Saat Berolahraga

Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita DiabetesMinum Teh Hijau Foto: iStock

Saat olahraga, minuman yang umum dikonsumsi adalah air putih. Hal ini agar tubuh tetap terhidrasi sempurna, sehingga mengurangi risiko dehidrasi pada tubuh.

Ternyata tak hanya air putih saja yang bisa dikonsumsi, tetapi juga teh hijau. Dalam sebuah penelitian ada 12 partisipan pria diminta mengonsumsi teh hijau sebelum olahraga. Hasilnya, ada peningkatan dalam melunturkan lemak sebanyak 17%.

Ada juga penelitian pada 13 partisipan wanita yang mengonsumsi 3 cangkir teh hijau sehari sebelum olahraga dan 2 cangkir lainnya dua jam sebelum olahraga. Hasilnya, terdapat peningkatan pelunturuan lemak selama olahraga berlangsung.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya



Simak Video "Nikmatnya Menyeduh Teh, Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com