7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 19 Des 2020 05:00 WIB
7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/tetmc
Jakarta -

Minum teh jadi kebiasaan banyak orang, namun rupanya ada efek samping kebanyakan minum teh setiap hari. Seperti ini penjelasannya.

Teh menjadi minuman yang bisa dikonsumsi saat cuaca sedang dingin, sarapan di pagi hari, atau sebagai minuman selingan saat beristirahat dari aktivitas yang padat. Teh juga bisa menggantikan kopi untuk mereka yang sensitif terhadap kandungan kafein di minuman kopi.

Teh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Ketika dikonsumsi dengan tepat, akan ada banyak efek positif yang bisa kamu rasakan dari minum teh.

Tetapi ada beberapa kekurangan juga dari minum teh setiap hari. Beberapa efek negatif mungkin saja kamu rasakan akibat konsumsi teh yang terlalu sering.

Dikutip dari Eat This, Not That! (14/12), inilah 7 efek samping, positif maupun negatif, dari banyak minum teh setiap hari:

1. Menambah Berat Badan

7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/tetmc

Mencampurkan teh dengan satu sendok makan gula, madu atau susu dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Apalagi jika meminum teh dalam bentuk bubble tea yang memiliki banyak tambahan gula dan boba di dalamnya.

Minuman teh seperti ini sedang populer dan biasanya mengandung fruktosa serta kalori yang tinggi. Penelitian yang diterbitkan dalam Food Sciences & Nutrition menemukan bahwa minuman manis ini mengandung 200 - 450 kalori per porsi yang bahkan melebihi kandungan gula dalam soda.

Karenanya jika kamu mengonsumsi minuman teh ini setiap hari, bukan tidak mungkin kamu alami efek samping berupa kenaikan berat badan.

2. Mencegah Kanker Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau, hitam, atau putih memberikan sejumlah senyawa bermanfaat yang dapat menangkal beberapa kanker termasuk kanker kulit non-melanoma. Sebuah penelitian dari American Association for Cancer Research menemukan bahwa kekuatan teh yang diseduh dengan suhu yang tepat dapat mempengaruhi potensi efek perlindungan ini.

Menyeduh lebih lama untuk teh yang jenisnya kuat dan meminumnya saat panas dikaitkan dengan risiko kanker kulit yang lebih rendah. Menambahkan kulit jeruk ke teh hitam yang masih panas juga dapat memberikan manfaat lebih untuk mencegah terjadinya karsinoma sel skuamosa, kanker kulit kedua yang paling umum, menurut laporan dalam Dermatologi BMC.

Baca Juga: Jangan Rendam Kantong Teh Celup Dalam Air Panas Terlalu Lama, Ini Sebabnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com