Jangan Rendam Kantong Teh Celup Dalam Air Panas Terlalu Lama, Ini Sebabnya

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 16 Des 2020 07:36 WIB
glass teapot with chinese tea, cup of herbal tea Foto: detikFood/iStock
Jakarta -

Menyeduh teh dengan teh celup paling gampang. Tinggal celupkan kantong teh dalam air panas dan tunggu beberapa menit. Meski demikian ada aturannya.

Umumnya saat menyeduh teh, kantong teh dibiarkan beberapa menit dalam air panas hingga air teh menjadi cokelat. Tetapi ada juga yang membiarkan kantong teh dalam cangkir atau gelas bahkan sampai air teh habis diminum.

Ternyata kamu tak boleh meninggalkan kantong teh celup di dalam cangkir saat sudah mendapat kekentalan teh yang diinginkan. Ada beberapa alasan.

Mengutip Metro, ahli teh dari Jing, Ed Eisler mengatakan bahwa tak ada yang salah untuk menyeduh teh selama kamu menikmatinya.
Namun ia juga mengungkapkan bahwa terus mencelupkan kantong teh dalam cangkir tak akan membuat rasa tehnya jadi enak.

Kamu mungkin berpikir kalau melakukan hal tersebut bakal membuat teh jadi lebih kuat rasanya dan pekat. Akan tetapi, menurut Ed Eisler meninggalkan kantong teh dalam cangkir justru akan menghambat keluarnya aroma dan rasa teh.

Teh dalam kantong digiling dan tidak memiliki ruang untuk menyebar dan berkembang di air panas, seperti daun teh tanpa kantong alias teh tubruk. Banyak bagian yang bagus terkelupas, meninggalkan 'debu' teh tingkat rendah.

glass teapot with chinese tea, cup of herbal teaJangan Rendam Kantong Teh Celup Dalam Air Panas Terlalu Lama, Ini Sebabnya Foto: detikFood/iStock

Menyeduh teh terlalu lama (artinya membiarkan kantong teh berinteraksi dengan air panas) juga bisa membuat teh terasa pahit, atau memberikan efek mengeringkan.

Jika kamu memasukkan teh celup ke dalam air lalu menambahkan susu, susu dingin akan menurunkan suhu teh, yang berarti teh tidak akan terseduh secara maksimal. Hasilnya adalah secangkir teh yang kehilangan rasa kaya dan kompleks dari teh pilihan.

Selain itu, alih-alih hanya merendam, sesuai namanya teh celup, maka Anda harus mencelup tehnya dengan gerakan naik turun.

Apa saja alasan teh kantong sebaiknya tak direndam air terlalu lama, baca selengkapnya DI SINI!



Simak Video "Pertama di Indonesia! Lomba Menyeduh Teh dengan Cara Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com