Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari, Bisa Turunkan Darah Tinggi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 05:00 WIB
Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari, Bisa Turunkan Darah Tinggi Foto: Getty Images/Image Source
Jakarta -

Manfaat minum teh hijau di pagi hari sangat banyak. Peneliti juga mengaitkannya dengan pengurangan tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Manfaat minum teh hijau dipercaya banyak orang, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Teh hijau tinggi kandungan antioksidan yang bisa menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

Beberapa manfaat minum teh hijau yang terkenal antara lain menurunkan risiko kanker, diabetes, hingga meningkatkan pembakaran lemak.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya

Untuk kesehatan jantung pun, minum teh hijau juga punya manfaat. Dikutip dari Express (18/11), teh hijau bisa menurunkan risiko seseorang terkena darah tinggi atau hipertensi.

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari, Bisa Turunkan Darah TinggiManfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari, Bisa Turunkan Darah Tinggi Foto: Getty Images/Image Source


Sebuah penelitian dalam British Journal of Nutrition tahun 2004 mengungkap teh hijau membantu menurunkan tekanan darah. Sebelumnya peneliti menganalisa 25 uji coba random terkontrol untuk mengetahui hubungan konsumsi jenis teh berbeda dengan tekanan darah tinggi.

Peneliti menyimpulkan, untuk jangka pendek, konsumsi teh hijau tidak membuat banyak perbedaan untuk tekanan darah. Namun untuk jangka panjang, ada efek signifikan yang didapat.

Peneliti mengatakan setelah partisipan minum teh hijau selama 12 minggu, tekanan darah mereka menurun 2,6 mmHg untuk sistolik dan 2,2 mmHg untuk diastolik.

Pada tekanan darah, 120/90, misalnya, 120 merujuk pada angka sistolik dan 90 adalah angka diastolik.

Sistolik menunjukkan tekanan saat jantung berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara diastolik yaitu tekanan saat otot jantung berelaksasi sebelum kembali memompa darah.

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari, Bisa Turunkan Darah TinggiManfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari, Bisa Turunkan Darah Tinggi Foto: Getty Images/Image Source

Setelah teh hijau, peneliti mengungkap teh hitam ada di posisi kedua sebagai teh yang bagus untuk mencegah darah tinggi.

Lalu seperti apa cara meracik agar manfaat minum teh hijau bisa maksimal? Pertama, perlu diperhatikan suhu air untuk menyeduh teh hijau.

Jenis teh ini tidak boleh diseduh dengan air mendidih, harus menggunakan air hangat. Suhu idealnya 70-75 derajat Celcius.

Kemudian untuk aroma dan rasa yang nikmat, coba seduh 1 gram daun teh hijau dengan 100 cc air. Gunakan perbandingan 1:100 ini untuk membuat teh hijau dalam jumlah kelipatan.

Setelah menyeduh teh, hindari membiarkan teh hijau terlalu lama di dalam air. Waktu ideal adalah sekitar 3 menit supaya teh hijau tidak berubah jadi pahit.

Baca Juga: Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil Maksimal

(adr/odi)