10 Efek Minum Teh dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Okt 2020 05:00 WIB
Efek Minum Teh dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi Hari Foto: Getty Images/Mixmike
Jakarta -

Minum teh di pagi hari jadi kebiasaan banyak orang, namun hindari minum teh dalam kondisi perut kosong. Ini efeknya.

Selain kopi, teh jadi minuman pengawal hari yang populer. Bahkan beberapa orang merasa kurang berenergi kalau belum menyesap teh di pagi hari.

Minum teh pun baik untuk kesehatan karena teh mengandung sejumlah nutrisi penting. Salah satu senyawanya yaitu katekin, tinggi antioksidan yang baik untuk imunitas dan metabolisme tubuh.

Teh juga terdiri dari beberapa jenis dengan profil aroma dan rasa berbeda. Ada teh hijau, teh putih, hingga teh hitam yang populer.

Tapi siapa sangka minum teh di pagi hari ada aturannya. Para pakar kesehatan merekomendasikan tidak minum teh dalam kondisi perut kosong karena kurang baik untuk kesehatan.

Dikutip dari Bold Sky (21/10), berikut 10 efek minum teh dalam kondisi perut kosong di pagi hari:

1. Aktivitas metabolisme tubuh terganggu

Efek Minum Teh dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi HariEfek Minum Teh dalam Kondisi Perut Kosong di Pagi Hari Foto: Getty Images/Mixmike

Kebiasaan langsung minum teh usai bangun tidur ternyata bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh. Hal ini karena ketidakseimbangan senyawa asam dan alkalin dalam perut.

2. Erosi enamel gigi
Pernah dengar kalau minum teh bisa bikin gigi kamu kuning? Biasanya terjadi saat kamu minum teh hitam yang mengandung lebih banyak tanin.

Selain itu, minum teh dalam keadaan perut kosong juga bisa menyebabkan erosi pada enamel gigi. Ini terjadi karena bakteri dalam mulut akan memecah gula, yang berakibat pada peningkatan kadar asam dalam mulut. Pada akhirnya kondisi ini memicu erosi enamel gigi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Nasi Kebuli hingga Ceker Mercon"
[Gambas:Video 20detik]