Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 26 Mei 2021 05:57 WIB
Minum air putih Foto: iStock
Jakarta -

Tren diet ini mulai ramai dibahas. Diet water fasting, metode diet yang hanya minum air putih saja diklaim ampuh turunkan BB.

Sejak dulu air putih dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Mulai dari menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, sampai membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari situs Very Well Fit (25/05), selama beberapa tahun terakhir metode diet water fasting ini cukup digandrungi banyak orang. Perpaduan antara puasa dan banyak minum air putih, diklaim ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Baca Juga: Jam Makan Diet agar Berat Badan Turun Secara Efektif

Tentunya ada pantangan yang cukup berat dari metode diet satu ini. Orang-orang sama sekali tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman selain air putih.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dan pantangan yang ada dalam metode diet water fasting.

1. Hanya Boleh Minum Air Putih

Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BBWater Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto

Dibandingkan metode diet lainnya, metode water fasting ini sangat sederhana dan bisa dilakukan semua orang. Tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar untuk membeli jenis makanan dan minuman tertentu.

Seperti namanya, water fasting hanya memperbolehkan orang untuk minum air putih saja. Kata 'fasting' atau 'puasa' diambil dari pantangan, bahwa orang-orang tidak boleh mengkonsumsi makanan apapun.

Termasuk minuman yang memiliki kalori rendah hingga nol kalori. Seperti kopi hitam, teh tawar tanpa gula, dilarang konsumsi alkohol hingga minuman selain air putih.

2. Periode Waktu Diet

Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BBWater Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto

Periode water fasting ini biasanya berlangsung selama tiga hari. Dari rentang waktu 24-72 jam tergantung kondisi tubuh masing-masing, karena tubuh sama sekali tidak mendapatkan asupan kalori.

Namun di bawah pengawasan dokter dan ahli diet, banyak orang yang melakukan metode diet water fasting ini selama 40 hari berturut-turut. Tentunya hal ini tidak dianjurkan bagi pemula, apalagi jika tidak diawasi oleh dokter.

Banyak yang menyebutkan bahwa sebenarnya proses penurunan berat badan baru dimulai di hari ke-4 water fasting. Tapi ada juga yang mengklaim bahwa water fasting bisa mengurangi berat badan sekitar 0,9 kg setiap harinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com