6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli

ADVERTISEMENT

6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 29 Mei 2021 05:00 WIB
6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli
Foto: istock
Jakarta -

Saat sarapan menjadi waktu yang tepat untuk penuhi kebutuhan nutrisi. Enam buah segar yang direkomendasikan ahli bisa penuhi nutrisi saat sarapan.

Sarapan menjadi waktu yang paling penting untuk tubuh. Mengonsumsi makanan yang padat nutrisi saat tubuh sangat direkomendasikan oleh ahli.

Sayuran, buah-buahan dan makanan berserat lainnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Sarapan menjadi makanan pertama yang masuk kedalam tubuh sehingga dibutuhkan nutrisi yang padat untuk mencukupi kebutuhannya.

Para ahli gizi seringkali menekankan dan mengingatkan bahwa waktu sarapan seharusnya tidak dilewatkan dan memerhatikan nutrisi pada menu sarapan sebagai hal penting yang harus dilakukan. Mulai dari buah asam yang tinggi vitamin C hingga alpukat menjadi buah yang sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi.

Baca juga: 7 Buah Penambah Stamina yang Cocok Dikonsumsi Saat Sarapan

Berikut ini 6 buah terbaik dikonsumsi saat sarapan karena bisa penuhi kebutuhan nutrisi menurut Byrdie (26/2).

6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli Foto: istock

1. Beragam Jeruk

Dibalik rasanya yang asam, beberapa buah seperti lemon, jeruk dan jeruk nipis memiliki nutrisi dan padat dan manfaat yang baik. Buah-buahan yang asam ii mengandung vitamin C, potasium, serat serta fitonutrien yang sangat baik.

Kandungan nutrisi yang padat tersebut diketahui memiliki fungsi antiinflamasi, detoksifikasi serta dapat meningkatkan kesehatan jantung. Buah dengan rasa asam ini juga diketahui kaya akan flavonoid dan naringenin yang dapat meningkatkan perkembangan keberagaman mikrobiota yang baik pada usus.

2. Apel

Frasa 'sebutir apel sehari bisa jauhkan dokter' ternyata benar adanya. Apel mampu cegah beragam penyakit. Apel menjadi buah yang padat akan kandungan seperti serat, vitamin C serta antioksidan.

Apel juga memiliki kandungan flavonoid yang bernama quercetin yang terbukti memiliki manfaat antivirus dan antibakteri. Apel juga diketahui dapat membantu meningkatkan imunitas. Kandungan serat pada apel yang begitu tinggi juga cocok untuk menjaga kenyang agar lebih lama.

3. Delima

6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli Foto: istock

Bentuknya yang berbiji dan cenderung kecil-kecil tetapi delima memiliki manfaat yang luar biasa besarnya. Biji buah delima ini diketahui padat akan nutrisi yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Delima memiliki kandungan antioksidan polifenol yang bernama anthocyanins yang dapat membantu menjaga sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak. Lebih dari sekadar antioksidan, buah delima ternyata juga diperkaya dengan vitamin C, vitamin K, potasium, serat dan folat. Menambahkan sedikit delima pada oatmeal atau yogurt sangat baik untuk membantu memenuhi asupan nutrisi.

Baca juga: 7 Buah yang Bagus untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

4. Kiwi

Buah berbulu halus berwarna hijau dan memiliki rasa yang sangat segar ini ternyata juga tidak kalah kandungan nutrisinya. Cara mengupasnya yang mudah juga membuat kiwi sangat cocok untuk dimakan pada waktu sarapan sehingga menghemat waktu.

Kiwi dapat dengan mudah dikupas hanya dengan menggunakan sendok tanpa harus mengupas kulitnya dengan pisau secara rumit. Buah kiwi diketahui memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas, menjaga kenyang lebih lama serta meningkatkan pencernaan.

5. Pisang

6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli6 Buah Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan Menurut Para Ahli Foto: istock

Pisang menjadi buah yang banyak direkomendasikan karena kepraktisannya dan nutrisinya yang begitu padat. Banyak orang yang juga memilih pisang sebagai camilan sehat yang selalu disediakan di dalam tasnya untuk dimakan kapanpun.

Pati resisten yang terdapat pada pisang tidak akan mudah dicerna oleh tubuh tetapi sangat baik bagi bakteri yang menguntungkan pada usus. Pisang juga dilengkapi dengan serat, vitamin B, serta mineral-mineral seperti potasium, mangan serta magnesium.

6. Alpukat

Alpukat menjadi buah yang sangat tepat jika ingin dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya yang disukai saat sarapan. Alpukat memiliki lemak sehat dan kandungan vitamin serta mineral yang mampu memberikan kenyang lebih lama.

Potongan buah alpukat yang ditambahkan pada roti panggang bahkan dikatakan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga meminimalisir keinginan ngemil sebelum memasuki waktu makan siang. Pada 64 gram alpukat diketahui memiliki kandungan vitamin dan nutrisi berupa 5 gram serat, lemak sehat, vitamin K, E, C serta folat yang sangat baik untuk tubuh.

Baca juga: Sarapan Buah Saja Setiap Hari, Baguskah untuk Kesehatan?

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT