Sarapan Buah Saja Setiap Hari, Baguskah untuk Kesehatan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 16 Des 2020 05:00 WIB
Sarapan Buah Saja Setiap Hari, Baguskah untuk Kesehatan? Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Banyak pelaku diet sarapan buah saja setiap harinya. Mereka memilih buah karena praktis dan terbilang rendah kalori, namun bagaimana dengan kecukupan nutrisinya?

Menjadi waktu makan terpenting harian, sarapan sebaiknya tidak dilewatkan. Sarapan memungkinkan tubuh mendapat dorongan energi yang cukup usai semalaman tidak mendapat nutrisi apapun karena tidur.

Menu sarapan sangat beragam dan bisa dipilih sesuai selera. Ada yang suka makan roti, sereal, yogurt, atau bahkan nasi di pagi hari. Tak sedikit pula yang memilih sarapan buah saja.

Biasanya sarapan dengan melahap buah-buahan dijalani para pelaku diet. Mereka beralasan buah adalah makanan yang praktis, rasanya segar, dan lumayan mengenyangkan.

Tapi dari sisi kesehatan, bagaimana jika sarapan buah saja? Apakah nutrisinya sudah cukup memadai? Atau justru sebaliknya, sarapan buah saja bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan?

Nutrisi buah untuk sarapan

Sarapan Buah Saja Setiap Hari, Baguskah untuk Kesehatan?Sarapan Buah Saja Setiap Hari, Baguskah untuk Kesehatan? Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Dikutip dari Live Strong (15/12), buah-buahan termasuk makanan sehat yang merupakan sumber karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Kombinasi semua nutrisi itu membuat konsumsi buah mampu memberi dorongan energi di pagi hari.

Makan buah adalah cara sehat untuk tubuh mendapatkan asupan karbohidrat kompleks. Walaupun buah secara alami mengandung gula, namun jenis gula ini tergolong karbohidrat kompleks karena juga mengandung serat di dalamnya.

Serat adalah kunci utama dari sistem pencernaan yang sehat. Serat memperlambat pencernaan dan penyerapan gula buah untuk memungkinkan tubuh mendapat dorongan energi yang lebih tahan lama.

Buah juga merupakan sumber vitamin A, C, dan potassium yang sangat baik. Vitamin C berperan penting untuk daya tahan tubuh dan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

Sementara vitamin A meningkatkan kesehatan kulit, mata, dan melawan infeksi. Lalu ada juga potassium yang bantu mengontrol tekanan darah.

Jenis buah yang bagus untuk sarapan

Dari sekian banyak jenis buah, ada buah yang bagus untuk sarapan pelaku diet. Buah-buahan ini tergolong lebih rendah kalori dan membantu usaha penurunan berat badan secara keseluruhan.

Womens Weekly (15/12) mengungkap apel, pisang, semangka, alpukat, dan jeruk bisa jadi pilihan. Apel, misalnya, merupakan sumber serat yang sangat baik dan memiliki sifat detoks alami.

Pisang sendiri tinggi kandungan potassium dan rendah garam yang bisa mencegah tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Lalu ada juga alpukat yang merupakan sumber lemak sehat. Alpukat juga mengandung banyak vitamin, dari C sampai E.

Baca Juga: 5 Buah yang Bagus untuk Diet, Kamu Pilih yang Mana?

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com