5 Buah yang Bagus untuk Diet, Kamu Pilih yang Mana?

Tim Detikcom - detikFood Senin, 16 Nov 2020 05:00 WIB
Sarapan Buah Segar untuk Turunkan Berat Badan Buah yang bagus untuk diet dapat disantap langsung atau diolah dalam beragam makanan (iStock)
Jakarta -

Buah yang bagus untuk diet ada beragam jenisnya. Secara alami buah mengandung komposisi sejumlah vitamin dan nutrisi yang dapat menunjang diet sehat.

Alasan lain mengapa buah sangat bagus untuk diet penurunan berat badan adalah kandungan kalorinya rendah namun seratnya tinggi. Serat tinggi ini membantu kamu tetap merasa kenyang. Sehingga mengurangi niat kamu untuk ngemil di sela-sela jam makan.

Berikut buah yang bagus untuk diet seperti yang dilansir Healthline:

1. Apel

apple isolated on wood backgroundapple isolated on wood background Foto: iStock

Dalam sebuah apel berukuran besar dengan berat kira-kira 223 gram mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Jumlah ini menunjukkan apel memiliki kalori rendah dan kaya akan serat.

Apel termasuk buah yang mengenyangkan. Penelitian SH Holt dari Departemen Biokimia, University of Sydney, Australia berjudul "A satiety index of common foods" menyebut satu buah apel tiga kali lebih mengenyangkan dibanding sebatang coklat.

Untuk mendapatkan manfaat rasa kenyang tersebut, apel sebaiknya dimakan utuh tidak dibuat menjadi jus.

Cara terbaik untuk menikmati apel selain dimakan mentah, bisa juga ditambahkan dalam sereal panas atau dingin, yogurt, atau salad.


2. Kiwi

kiwikiwi Foto: iStock

Buah kecil berkulit cokelat dengan isi berwarna hijau ini sangat padat nutrisi. Kiwi merupakan sumber vitamin C, vit E, dan folat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kiwi juga kaya akan serat yang baik untuk program diet. Dalam satu buah kiwi seberat 69 gram punya lebih dari 2 gram serat. Kulit cokelat pun mengandung serat sebanyak 1 gram.

Seperti diketahui diet dengan mengonsumsi serat tinggi terbukti dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan usus.

Buah kiwi enak jika dimakan mentah baik dikupas maupun tidak dikupas.

3. Melon

Melon Yubari KingMelon Yubari King Foto: Istimewa

Melon rendah kalori dan punya kandungan air tinggi sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani program menurunkan berat badan.

Melon seberat 150 gram hanya mengandung 46-51 kalori. Namun, melon kaya akan serat, kalium, dan antioksidan.

Menurut penelitian Simon Nigel Thornton dari Universite de Lorraine, Prancis berjudul Increased Hydration Can Be Associated with Weight Loss, mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi sangat membantu menurunkan berat badan.

Melon dapat dinikmati segar atau dicampur dengan salad buah. Buah ini juga bisa dijadikan fruit smoothies atau dibekukan menjadi es lolipop.

4. Jeruk

Fantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangFantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di Jepang Foto: iStock

Jeruk hanya memiliki sedikit kalori, tapi sangat kaya akan vitamin C dan serat.

Agar program diet kamu lebih efektif, lebih baik mengonsumsi jeruk tidak dengan mengubahnya menjadi segelas jus. Karena jus jeruk umumnya ditambahkan dengan gula. Konsumsi gula yang terlalu banyak dapat menyebabkan lonjakan berat badan yang drastis. Sehingga lebih baik konsumsi jeruk tanpa menambahkan apapun ya.


5. Stone Fruit

Peach with slice and leaf isolated on white backgroundPeach with slice and leaf isolated on white background Foto: iStock

Buah berbiji keras ini beberapa contohnya seperti plum, apricot, peach, dan lain-lain.

Buah jenis ini dikenal rendah kalori dan kaya akan nutrisi sehingga baik bagi program diet.

Contohnya peach dengan berat 150 gram hanya mengandung 58 kalori atau plum seberat 120 gram punya kalori sebesar 60 kalori.

Buah-buahan ini dapat dimakan segar, bisa juga dipotong-potong untuk jadi salad buah, atau dicampur menjadi bubur yang hangat.

Jenis buah yang bagus untuk diet di atas bukan kunci utama keberhasilan menurunkan berat badan. Semua harus ditunjang dengan program makan sehat dan aktivitas fisik.

(pal/pay)