10 Makanan yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Drastis

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 14 Nov 2020 10:00 WIB
Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto/Mixmike
Jakarta -

Makanan rendah kalori bisa membantu turunkan berat badan secara drastis. Apa saja daftar makanannya?

Makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat bisa dikonsumsi setiap hari. Tidak semua kalori diciptakan sama. Tiap jenis makanan melewati jalur metabolisme yang berbeda di dalam tubuh.

Selain mengatur porsi, pemilihan jenis bahan makanan yang tepat juga perlu dilakukan saat berencana menurunkan berat badan.

Makanan yang mengandung tinggi serat dan kalori yang rendah sangat cocok jadi sajian saat berdiet. Beberapa makanan yang pas untuk diet adalah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Daftar makanan yang dapat menurunkan berat badan seperti yang dikutip dari Healthline:

1. Telur

Diet telur rebusFoto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Telur rebus menjadi salah satu makanan yang bisa menunjang penurunan berat badan. Telur mengandung tinggi protein dan lemak dan sangat mengenyangkan.

Satu studi pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memacu keinginan untuk makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

Telur juga sangat padat nutrisi dan dapat membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan saat melakukan diet rendah kalori.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan juga kale bisa membantu turunkan berat badan.

Mereka memiliki beberapa khasiat untuk penurunan berat badan seperti rendah kalori dan karbohidrat serta serat.

Mengonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan Anda, tanpa menambah kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi yang rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi vitamin, antioksidan dan mineral termasuk kalsium yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

3. Ikan Salmon

SalmonFoto: Getty Images/iStockphoto/Oxana Medvedeva

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan sangat dapat memuaskan rasa kenyang Anda selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit.

Salmon mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Nutrisi ini diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat, terutama untuk menjaga metabolisme tetap berjalan optimal.

Studi menunjukkan bahwa sejumlah besar orang tidak memenuhi kebutuhan yodium mereka. Selain yodium, salmon juga mengandung asam lemak yang terbukti membantu mengurangi peradangan yang diketahui berperan besar dalam obesitas dan penyakit metabolik.

4. Daging Sapi dan Ayam Tanpa Lemak
Meskipun mengonsumsi daging tidak disarankan secara berlebihan, akan tetapi memilih daging sebaiknya yang tanpa lemak. Penelitian menunjukkan bahwa daging merah yang tidak diolah tidak meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Daging adalah makanan yang ramah penurunan berat badan karena mengandung tinggi protein. Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membakar kalori hingga 80-100 Kkal lebih banyak per hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein Anda hingga 25 persen kalori harian dapat mengurangi keinginan ngemil hingga 60 persen dan menyebabkan penurunan berat badan hampir 0,45 kg per minggu.

5. Kentang Rebus

Sarapan Sehat dengan KentangFoto: iStock

Kentang rebus mengandung tinggi kalium, nutrisi yang berperan penting dalam pengendalian tekanan darah.

Pada skala yang disebut dengan indeks kenyang (satiety index) yang mengukur bagaimana makanan bisa membuat seseorang kenyang, kentang rebus mencetak skor tertinggi dari semua makanan yang diuji.

Artinya dengan mengonsumsi kentang rebus, Anda secara alami akan merasa kenyang lebih lama dan makan makanan lain lebih sedikit.

Jika Anda membiarkan kentang mendingin sebentar setelah direbus, bahan makanan ini akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang terbukti memiliki berbagai manfaat termasuk penurunan berat badan.

Selanjutnya
Halaman
1 2