7 Bahan Pengganti Mayones yang Lebih Sehat dan Kaya Nutrisi

Tim Detikfood - detikFood Jumat, 28 Mei 2021 11:00 WIB
Homemade mayonnaise in bowl with eggs and spice on wooden background Foto: iStock
Jakarta -

Mayones disukai banyak orang yang tak terlalu suka pedas. Mayones disajikan dalam berbagai hidangan, dari sandwich, salad, hingga kebab.

Namun, jika bosan dengan rasa mayones, tak masalah jika kamu sesekali ingin menggantinya. Terlalu banyak asupan mayones bisa memicu masalah kesehatan.

Bahan-bahan makanan berikut ini sangat direkomendasikan sebagai pengganti mayones. Meski rasanya beda jauh, tetapi kandungan nutrisi dan kalori di dalamnya terbilang aman dan minim risiko.

1. Greek yoghurt

Greek yoghurt alias yogurt Yunani memiliki rasa asam tajam, tekstur lembut, dan konsistensi kental yang mirip dengan mayones. Selain itu, kandungan protein dan kalsium yang ada di dalamnya patut jadi pertimbangan untuk menjadikannya pengganti mayones.

Mengutip Greatist, kamu juga bisa menggunakan yogurt untuk memanggang. Namun, pilihlah yogurt tawar dan penuh lemak. Lemak pada yogurt akan menambah rasa gurih yang lebih kaya daripada yogurt rendah lemak.

Greek yogurt in a glass jars with spoons on wooden background7 Bahan Pengganti Mayones yang Lebih Sehat dan Kaya Nutrisi Foto: iStock

2. Pasta kacang mete

Pasta kacang mete memiliki tekstur nyaris seperti mayones, sehingga pas dijadikan saus atau olesan untuk makanan yang dipanggang. Karena rasanya cenderung hambar, kamu bisa memadukan dengan bahan lain seperti cuka, air peruk lemon, bawang putih, dan sedikit garam.

Tiap orang mungkin memiliki resep berbeda. Namun, kamu bisa mencoba sendiri dengan menggunakan rasio kacang mete dan air sebesar 2:1. Misalnya, 200 gram kacang mete dicampur dengan 100 mililiter air.

3. Alpukat

Untuk olesan roti, sesekali ganti mayones dengan alpukat. Tidak seperti mayones yang tinggi kalori, alpukat akan memberikan aspen lemak tak jenuh yang sehat, lebih banyak serat, dan vitamin, serta mineral penting.

Alpukat bisa dihaluskan terlebih dahulu seperti guacamole dengan campuran minyak zaitun. Atau, kamu juga bisa mengirisnya langsung dan menaruh di atas roti panggang.

Bahan makanan esak apa saja yang bisa menggantikan madones? Baca info selengkapnya DI SINI!



Simak Video "Menilik Proses Pembuatan Mayones di Pabrik"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com