Ini 5 Efek Samping Kalau Kamu Kebanyakan Makan Mayones

Tim Detikfood - detikFood Senin, 24 Mei 2021 08:00 WIB
Homemade mayonnaise in bowl with eggs and spice on wooden background Foto: iStock
Jakarta -

Selain saus tomat,mayones kerap jadi pelengkap hidangan. Rasanya yang manis, gurih dan sedikit asam dan creamy membuat mayones jadi favorit.

Mayones belakangan justru makin populer karena dipakai dalam racikan saus mentai. Rasa gurih creamynya makin enak dipadukan dengan saus sambal bahkan dengan keju.

Dikutip dari CNN Indonesia (22/5) konsumsi terlalu banyak mayones juga tidak disarankan. Saus berbahan dasar telur dan minyak nabati ini bisa memicu beragam efek samping yang harus diwaspadai. Seperti lima efek samping kebanyakan makan mayones ini.

1. Gula darah melonjak

Melihat bahannya, mungkin sebagian orang menyangka mayones hanya memiliki sedikit kandungan gula. Padahal,seperti dilansir Eat This, Not That!, justru mayones mengandung lebih banyak gula daripada bumbu lain.

Mayones atau mayonnaise biasa mengandung 1 gram gula per 1 sendok makan. Jumlah ini tidak begitu masalah jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Namun mayones rendah lemak malah bisa mengandung 4 gram gula per sendok makan. Ini seharusnya jadi pertimbangan untuk memilih dan mengonsumsi jenis mayones.

2. Menaikkan tekanan darah

mayones termasuk bumbu pelengkap dengan kandungan lemak tinggi. Makanan olahan seperti ini bisa mengakibatkan kenaikan tekanan darah. Tekanan darah tinggi bisa memicu deret penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung juga stroke.

Sebagaimana dilansir Boldsky, mayones mengandung lemak omega yang tinggi sehingga bisa memicu penyakit jantung termasuk serangan jantung.

5 Kesalahan Pola Makan saat Berpuasa yang Menyebabkan Berat Badan NaikIni 5 Efek Samping Kalau Kamu Kebanyakan Makan Mayones Foto: iStock

3. Kenaikan berat badan

Sebaiknya konsumsi mayones dalam jumlah moderat kalau kamu tidak ingin mengalami kenaikan berat badan. Mayones mengandung tinggi lemak. Setidaknya terdapat 10 gram lemak tiap 1 sendok makan mayones. Bayangkan, jika kamu mengonsumsi 100 kalori dari 1 sendok makan mayones saja. Jumlah ini terlalu tinggi untuk ukuran bumbu pelengkap.

Cek porsi makanan dan porsi mayones yang kamu gunakan. Mungkin kamu merasa mengonsumsi salad buah atau sayur adalah sehat. Namun ini tak lagi sehat jika penggunaan mayones sebagai saus berlebihan.

4. Mual dan muntah

Akan lebih baik mengonsumsi mayones buatan sendiri daripada membeli di pasaran. Meski hanya tahan kurang dari seminggu di kulkas, setidaknya kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi bahan pengawet pada mayones kemasan. Terlalu banyak konsumsi bahan pengawet bisa membuat perut mual, muntah juga sakit kepala.

5. Memperburuk kondisi gangguan pencernaan

Orang dengan sejumlah masalah pencernaan sebaiknya menghindari konsumsi mayones. mayones akan memperburuk kondisi gangguan pencernaan.

Jika kamu memiliki sakit tukak lambung, sebaiknya tidak mengonsumsi mayones. Lemak pada mayones akan membuat peradangan makin buruk. Ini pun berlaku saat kamu mengalami diare dan gastritis (peradangan dinding lambung).

Pada penderita diare, lemak akan membuat perut tidak nyaman. Sedangkan, pada penderita gastritis, kandungan sodium pada mayones tidak baik untuk lapisan lambung dan bisa menimbulkan heartburn juga infeksi perut.



Simak Video "Menilik Proses Pembuatan Mayones di Pabrik"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com