7 Makanan untuk Orang Sakit Lambung, Bisa Redakan Nyeri!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 27 Jan 2021 09:00 WIB
7 Makanan untuk Orang Sakit Lambung, Bisa Redakan Nyeri! Foto: Getty Images/Milos Dimic
Jakarta -

Saat asam lambung naik, biasanya akan menimbulkan gejala nyeri pada perut. Berikut 7 makanan untuk orang sakit lambung yang berfungsi sebagai pereda nyeri.

Asam lambung seringkali naik secara berlebihan di dalam perut dan menimbulkan nyeri yang tiba-tiba datang. Nyeri yang ditimbulkan pun mulai dari nyeri ringan hingga menimbulkan gejala-gejala berat seperti kembung atau gangguan pencernaan.

Nyeri lambung yang muncul akibat naiknya asam lambung ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Makan terlalu cepat, konsumsi soda, makanan berlemak atau bahkan ketidakseimbangan mikrobiota sehat pada usus yang membantu pencernaan.

Nyeri akibat naiknya asam lambung ini akan memberikan rasa yang sangat tidak nyaman. Menghindari makanan tertentu dan konsumsi beberapa makanan yang tepat dapat membantu meredakan bisa menjadi solusi untuk mengatasi nyeri lambung.

Dilansir dari Times of India (23/1), berikut ini 7 makanan untuk orang sakit lambung yang bersifat meredakan nyeri:

1. Yogurt

7 Makanan untuk Orang Sakit Lambung, Bisa Redakan Nyeri!7 Makanan untuk Orang Sakit Lambung, Bisa Redakan Nyeri! Foto: Getty Images/Milos Dimic

Yogurt dikenal sebagai sumber probiotik yang sangat baik. Yogurt mengandung bakteri baik yang terbukti dapat membantu dan menjaga kesehatan pencernaan.

Yogurt bisa dikonsumsi dengan diolah menjadi smoothies atau dikombinasikan bersama buah favorit kamu. Menambahkan sedikit jinten panggang dan sejumput garam bahkan bisa membuat yogurt lebih efektif.

2. Teh Herbal

Teh herbal dibuat dari ekstrak tanaman yang dikenal mengandung sifat obat. Hal ini menjadi alasan mengapa teh herbal mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang begitu kuat.

Teh herbal dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi nyeri akibat masalah pada lambung. Beberapa contoh teh herbal antara lain teh jahe, peppermint, chamomile,serta teh lemon.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Asam Lambung Naik agar Cepat Reda

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com