7 Hal Sepele yang Bikin Berat Badan Kamu Naik Saat Diet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 20 Mar 2021 06:00 WIB
Makan Tanpa Berat Badan Naik Foto: iStock
Jakarta -

Saat diet, penting untuk memperhatikan jenis, jumlah, dan jam makan kamu. Selain itu, hindari hal sepele ini yang akan bikin berat badan naik.

Menurunkan berat badan terbilang susah-susah gampang. Hal terpenting adalah mengatur pola makan dan memiliki aktivitas fisik yang cukup untuk membakar kalori.

Selain itu, perhatikan pula hal-hal sepele yang kerap jadi kebiasaan kamu. Hindari melakukan hal sepele berikut ini yang bikin berat badan cepat naik. Misalnya makan terburu-buru atau makan dalam kondisi tidak fokus.

Dua kondisi di atas bisa membuat kamu berakhir makan berlebih karena tidak tahu benar makanan apa yang sudah diasup. Lalu hal sepele seperti makan di luar rumah dan tidak sering minum air putih juga bakal bikin berat badan naik.

Berikut detikfood merangkum 7 hal sepele yang bikin berat badan kamu naik saat diet:

1. Melewatkan Sarapan

Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan NaikFoto: Getty Images/iStockphoto/Foxys_forest_manufacture

Melewatkan waktu makan dianggap banyak orang bisa membuat berat badan turun lebih cepat, tapi faktanya kebiasaan ini justru bisa bikin berat badan naik. Hindari melewatkan waktu makan, apalagi sarapan.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Epidemiology mengungkap bahwa orang yang melewatkan sarapan akan 4,5 kali lebih mungkin alami obesitas. Penyebabnya karena melewatkan waktu makan akan memperlambat metabolisme tubuh dan meningkatkan rasa lapar.

2. Makan terburu-buru

Terlihat sepele, namun makan terburu-buru juga bisa membuat berat badan naik. Pasalnya butuh waktu 20 menit untuk perut menyampaikan pesan ke otak bahwa kamu sudah kenyang. Dengan makan terburu-buru, kamu tidak memberi kesempatan perut untuk menyampaikan pesannya secara optimal sehingga bisa membuat kamu makan lebih banyak

Sebuah penelitian dalam jurnal Appetite mengungkap mereka yang makan perlahan mengonsumsi 66 kalori lebih sedikit dari tiap makanan yang dikonsumsi. Jumlah ini mungkin terlihat sedikit, namun saat dijumlahkan setiap hari, jumlahnya akan terlihat cukup banyak.

Baca Juga: Ini Penyebab Berat Badan Naik yang Sering Terjadi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com