7 Makanan Untuk Atasi Gejala Pneumonia pada COVID-19

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 28 Mei 2021 08:00 WIB
makanan protein Foto: iStock
Jakarta -

Pneumonia merupakan gangguan pernapasan yang banyak dialami oleh pasien COVID-19. Ternyata, penyakit ini bisa diredakan secara alami dengan 7 makanan enak.

Pnuemonia adalah kondisi di mana pernapasan terganggu yang disebabkan oleh inflamasi dari udara, virus atau bakteri yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Pneumonia bisa terjadi hanya pada salah satu paru-paru atau bahkan keduanya.

Virus COVID-19 yang menyerang melalui saluran pernapasan juga menimbulkan gejala pneumonia yang dirasakan oleh penderitanya. Mulai dari sesak napas hingga kesulitan bernapas dan membutuhkan alat bantu napas.

Terkait pernapasan yang merupakan sistem penting pada tubuh, gangguan yang ada pada saluran pernapasan merupakan ancaman yang sangat berbahaya. Para ahli kesehatan selain menyarankan tindakan dan pengobatan medis juga menyarankan konsumsi beberapa bahan makanan padat nutrisi untuk bantu meredakan pneumonia.

Dilansir melalui Times of India (24/4) berikut 7 makanan yang dapat membantu meredakan pneumonia.

GandumFoto: iStock

1. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh mengandung karbohidrat yang sangat baik. Kandungan karbohidrat yang tinggi seperti ada nasi merah, oatmeal, gandum dan biji-bijian utuh lainnya dapat memberikan energi tambahan untuk tubuh.

Biji-bijian utuh juga memiliki kandungan vitamin B yang membantu memberikan energi tambahan serta mengatur suhu tubuh agar tetap stabil. Selain itu, biji-bijian utuh juga memiliki kandungan selenium yang sangat baik untuk mendukung imunitas.

Baca juga: 5 Asupan Nutrisi Untuk Pemulihan Pasca COVID-19 yang Disarankan Ahli

2. Minum Banyak Air

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh saat mengalami penumonia menjadi hal yang paling disarankan oleh ahli kesehatan. Tidak hanya melalui air mineral berbagai cara sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh juga direkomendasikan.

Misalnya dengan konsumsi makanan kayak air seperti semangka dan melon, minum infused water dan cara-cara lainnya yang juga dapat membantu menambahkan nutrisi pada tubuh. Minum banyak air ini dikatakan mampu membantu mengeluarkan racun yang berbahaya dan partikel asing yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu pernapasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com