7 Makanan untuk Tulang Kuat dan Cegah Osteoporosis

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 27 Mei 2021 10:30 WIB
sayur kol Foto: iStock
Jakarta -

Kekuatan tulang merupakan elemen penting yang harus dijaga. Rutin konsumsi 7 makanan ini bisa menjaga tulang kuat dan cegah osteoporosis dini.

Tulang merupakan elemen penting yang harus dijaga kesehatannya karena fungsinya untuk menopang tubuh. Menjaga kesehatan tulang harus dilakukan sejak dini agar menghindari penyakit dan gangguan pada tulang yang mungkin saja timbul di kemudian hari.

Menjaga kesehatan tulang bukan hanya bisa didapatkan dari rutin minum susu dan produk olahannya atau melalui suplemen. Menjaga kesehatan tulang juga bisa didapatkan secara alami dari nutrisi asupan makanan.

Para ahli menyarankan untuk rutin konsumsi makanan yang memiliki kandungan magnesium, kalsium, vitamin K dan boron. Mulai dari kacang polong hingga lemon menjadi makanan yang disarankan oleh para ahli.

Berikut ini 7 makanan yang disarankan oleh para ahli untuk menjaga kesehatan tulang dan cegah osteoporosis dini, dilansir dari Huffington Post (4/2).

Kacang polongFoto: iStock

1. Kacang Polong

Kacang polong memiliki kandungan vitamin K yang padat yang dapat mengaktifkan osteocalcin. Osteocalcin ini merupakan protein utama dalam tulang yang dapat menarik kalsium untuk masuk dan terserap.

Selain itu, kacang polong juga mengandung vitamin B6 dan folat. Kedua nutrisi ini dapat membantu mencegah pembekuan kolagen yang berbahaya untuk tulang.

2. Brokoli

Brokoli dikategorikan sebagai sayuran yang kaya akan alkalin. Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan magnesium, kalsium, vitamin K, folat dan vitamin B6.

Kandungan-kandungan nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Didukung dengan kandungan nutrisi lainnya yaitu vitamin C yang secara signifikan dapat meningkatkan penyerapan kalsium.

Baca juga: 5 Makanan untuk Cegah Osteoporosis Selain Susu Sapi

3. Kol

sayur kolFoto: iStock

Selain brokoli, sayuran yang datang dari keluarga yang sama yaitu kol juga diketahui kaya akan vitamin K, folat dan vitamin B6. Kandungan nutrisi ini merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tulang.

Kol juga diketahui tinggi akan mineral kalsium dan vitamin C. Vitamin C juga dibutuhkan oleh tulang untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com