5 Efek Ibu Menyusui Konsumsi Makanan Pedas, Bayi Kolik hingga Alergi

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 27 Mei 2021 07:00 WIB
Ibu menyusui Foto: iStock
Jakarta -

Selama menyusui ibu tidak boleh sembarangan konsumsi makanan. Termasuk makanan pedas yang bisa memberi dampak pada bayi. Bayi bisa alami kolik hingga alergi.

Lalu benarkah makanan pedas tidak aman dikonsumsi selama menyusui?

Konsumsi makanan pedas selama menyusui sebenarnya tidak dilarang alias aman. Namun, apa yang ibu makan memang bisa memengaruhi rasa ASI.

Direktur penelitian klinis dan laktasi di Neonatal Intensive Care Unit di Rush University Medical Center di Chicago, Paula Meier, Ph.D, mengatakan bahwa ibu menyusui tak perlu takut dengan makanan pedas. Apalagi bila sudah terbiasa mengonsumsinya saat hamil.

"Jika seorang wanita sudah terbiasa mengonsumsi makanan yang berbeda selama kehamilan, itu akan mengubah rasa dan bau cairan ketuban dan akhirnya terpapar dan tercium oleh bayi di dalam rahim. Pada dasarnya, menyusui adalah peralihan dari cairan ketuban ke ASI," kata Meier, dikutip dari Parents.

Dokter spesialis anak, dr. Meta Hanindita, Sp.A(K), juga setuju dengan anggapan bahwa ibu menyusui boleh makan pedas. Namun, sebaiknya dicoba dulu sedikit untuk melihat reaksinya ke anak.

Ada beberapa bayi yang sangat sensitif terhadap capsaicin (zat yang terkandung dalam cabai) sehingga diare setelah ibu makan makanan pedas. Jika bayi tidak ada masalah dengan hal itu, silakan saja," ujar Meta, dilansir buku Mommyclopedia, Tanya Jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak.

Sampai saat ini memang belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makanan pedas harus dihindari saat menyusui. Artinya, makan pedas pun boleh asalkan tidak terlalu banyak karena tidak menyehatkan.

makanan pedas5 Efek Ibu Menyusui Konsumsi Makanan Pedas Foto: iStock

Makanan pedas bisa mengubah rasa ASI

Rasa ASI pada dasarnya dapat dipengaruhi dari makanan yang dikonsumsi ibu selama menyusui. Pada akhirnya, ini akan menjadi rasa baru ASI yang dikonsumsi si Kecil.

Bila bayi menyukai perubahan rasa ini, ibu bisa terus konsumsi makanan pedas. Tapi, bila bayi terjadi berubah dan sering menangis karena tidak nyaman atau sakit, sebaiknya hentikan konsumsi makanan pedas.

Seperti makanan lain, ibu bisa melakukan trial error dalam mencoba makanan pedas. Lihat perubahan pada bayi saat dan setelah menyusu untuk memutuskan apa makanan pedas bisa dikonsumsi.

Kenali pula tanda bayi yang menjadi sensitif setelah menyusui. Bayi mungkin bisa menjadi rewel, sering menangis, susah tidur, hingga mengalami alergi dan diare karena makanan pedas yang dikonsumsi ibu.

Lalu apa saja dampak makanan pedas pada bayi menyusu? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com