6 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui Agar ASI Berkualitas

Tim Detikfood - detikFood Selasa, 19 Jan 2021 06:30 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. Foto: Getty Images/iStockphoto/South_agency
Jakarta -

Selama menyusui ibu perlu perhatikan asupan makanan. Agar bayi mendapatkan asupan nutrisi dari ASI yang dikonsumsinya agar tumbuh kembang bayi maksimal.

Untuk itu, penting sekali memperhatikan apa yang dimakan setiap harinya. Selain disertai menu variatif, tentu saja perlu memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi.

"Nutrisi yang baik akan membantu meningkatkan pasokan ASI serta memberikan lebih banyak energi dan membantu meningkatkan berat badan bayi," kata Lois Sommers, RN, IBCLC, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari Sanfordhealth.

Faktanya, beberapa makanan memang memiliki nutrisi lebih tinggi dan sangat tepat dikonsumsi saat masa menyusui. Beberapa makanan super tersebut di antaranya nasi merah, pasta gandum, dan oatmeal.

ilustrasi ikanMakanan Terbaik untuk Ibu Menyusui. Foto: iStock

Semua makanan super tersebut merupakan karbohidrat kompleks, yang membuat ibu menyusui merasa kenyang lebih lama dan tidak akan mendapatkan penurunan energi seperti yang didapatkan saat mengonsumsi karbohidrat olahan.

Ibu menyusui juga perlu memasukkan sumber protein yang baik dalam asupan harian. Seperti salmon sebagai salah satu sumber protein yang tepat. Ini karena salmon kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega 3.

Salmon juga diketahui menjadi sumber makanan yang memiliki vitamin D alami. Selain itu, salmon juga bagus untuk ibu menyusui karena mengandung DHA dalam jumlah besar yakni sejenis lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

Berikut ini daftar makanan untuk ibu menyusui lainnya juga dapat dikonsumsi seperti dikutip dari Theeverymom.

1. Kangkung atau bayam

Sayuran berdaun hijau dapat membantu meningkatkan laktasi dan bonusnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lebih awal terpapar rasa sayuran melalui ASI mungkin menyukai rasanya yang lebih enak saat mereka sudah besar.

Apa saja 5 makanan lainnya yang penting dikonsumsi ibu menyusui? Baca selanjutnya DI SINI !



Simak Video "Kenali Khasiat Susu Almond yang Banyak Manfaat!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com