Rutin Makan Tempe Dapat Memperbanyak Produksi ASI, Ini Sebabnya

Tim Detikfood - detikFood Senin, 07 Des 2020 07:30 WIB
kacang kedelai dan tempe Foto: Istock
Jakarta -

Produksi ASI atau air susu ibu sering kurang lancar. Sebaiknya para ibu rajin makan tempe untuk memperbanyak produksi ASI. Ini alasannya.

ASI sangat dibutuhkan bayi usia enam bulan pertama karena sumber makanan mereka bergantung pada ASI eksklusif. Kalau ASI kurang lancar pasti membuat ibu stres, kecewa, dan berujung memberikan susu formula pada bayinya.

Padahal, nutrisi yang diperoleh bayi dari susu formula tentu berbeda dengan ASI. Pemberian ASI berguna untuk dukung tumbuh kembang anak. Selain itu ASI menawarkan segudang manfaat bagi bayi.

Kandungan kolostrum yang terdapat pada ASI kaya akan protein, lemak, vitamin, mineral, anti-oksidan dan sejumlah manfaat lainnya dapat memenuhi kebutuhan harian bayi.

Selain itu, menyusui juga membangun ikatan emosional antara ibu dan bayi. Menyusui melepas oksitosin atau 'hormon cinta' pada ibu dan anak. Sehingga memberikan efek positif pada suasana hati dan mengurangi stres.

Nah, agar produksi ASI jadi lebih maksimal, sangat penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Mulai dari sayuran, buah-buahan hingga sumber protein.

DokterZaidul Akbar membagikan tips melancarkan ASI dengan cara mudah. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi protein nabati. "Bagi ibu menyusui, mengonsumsi protein nabati sangat baik, terutama tempe," ujarnya, dikutip dari sebuah tayanganYouTube.

Ada banyak manfaat yang didapat ibu menyusui dari mengonsumsi protein kedelai. Konsumsi kedelai tak hanya meningkatkan asupan protein, tetapi juga menuai manfaat kesehatan yang ditawarkan dari kedelai.

Tren pria minum ASI untuk otot dan cegah kankerRutin Makan Tempe Dapat Memperbanyak Produksi ASI, Ini Sebabnya. Foto: iStock

Melansir dari Hellomotherhood, berikut ini beberapa alasan pentingnya mengonsumsi kedelai sebagai sumber protein bagi ibu saat menyusui.

1. Memenuhi kebutuhan protein harian

Ibumenyusui penting mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein. Karena zat gizi ini penting untuk membangun dan memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh. Protein juga berperan penting dalam tumbuh kembang bayi. Bagi ibu menyusui, umumnya membutuhkan sekitar 71 gram protein setiap hari.

Menurut Ohio State University, protein tidak hanya bermanfaat untuk menjaga agar tubuh berfungsi secara normal, tetapi protein tambahan menjadi bahan bakar laktasi sehingga membantu memperlancar produksi ASI.

Untuk memperoleh nutrisi ini, ibu menyusui bisa mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan protein. Kalau menghindari daging, bisa mengonsumsi protein nabati seperti, kedelai.

Lalu apa manfaat konsumsi tempe untuk ibu menyusui? Baca selanjutnya DI SINI !



Simak Video "Selain Kedelai, Tempe Juga Bisa Dibuat dari Beragam Biji-bijian"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com