Daftar Makanan Penambah ASI yang Enak, dan Menyehatkan

Puti Yasmin - detikFood Senin, 22 Jun 2020 13:45 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background Foto: iStock/Daftar Makanan Penambah ASI yang Enak, dan Menyehatkan
Jakarta -

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi karena mengandung enzim dan vitamin yang dibutuhkan sang anak. Agar selalu lancar, ada makanan penambah ASI yang bisa Ibu coba.

Adapun, ASI mengandung tyrosine, tryptophane, AA, DHA, ALA, IA dan KOLIN. Ada juga vitamin A, C, dan E, serta sialic acid. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak.

Berikut daftar makanan penambah ASI dikutip dari Buku 'MPASI Super Lengkap' karya Gatot Sudaryanto:

1. Daun Katuk

Sauropus androgynus, also known as katuk, star gooseberry, or sweet leaf, is a shrub grown in some tropical regions as a leaf vegetable.Daun Katuk Foto: Thinkstock

Resep makanan pelancar ASI pertama adalah daun katuk. Makanan ini mengandung vitamin A, C, B, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna yang baik untuk menambah asi.

Cara membuatnya, rebus daun segenggam dan minum air rebusan sebagai minuman penambah ASI. Selain itu, daun katuk bisa juga langsung dimakan mentah, lalapan, atau dimasak sayur.

2. Bayam

Homemade Spinach and Feta Fritatta in a SkilletBayam Foto: iStock

Bayam memiliki mineral, vitamin, phytoestrogen yang diyakini bisa meningkatkan volume ASI. Selain itu, sayuran ini memiliki vitamin B yang membantu menyediakan produksi ASI, protein, thiamin, asam folat, dan kalsium, kalium.

Untuk mengonsumsinya, Ibu bisa menjadikan bayam menjadi berbagai aneka makanan, seperti sayur bayam, omelet bayam, botok bayam.

3. Daun Pepaya

Daun pepayaDaun Pepaya Foto: iStock

Walaupun memiliki rasa yang pahit, daun pepaya memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang bisa melancarkan ASI. Daun ini juga bisa meningkatkan kekebalan dan sistem imun tubuh Ibu.

Daun pepaya bisa dikonsumsi dengan cara ditumis, dicampur dengan urap. Selain itu, daun juga bisa menjadi terapi pelancar asi dengan cara daun diremas dan diletakkan di atas api hingga layu, serta saat hangat diletakkan di payudara kecuali puting.

4. Daun Mangkokan

Daun MangkokanDaun Mangkokan Foto: istimewa

Salah satu penyebab ASI terhambat adalah adanya penyumbatan di saluran ASI. Nah, mengonsumsi daun mangkokan bisa menjadi terapi untuk memperlancar ASI.

Cara mengonsumsinya dengan mengiris tipis-tipis daun magkokan dan masak dengan campuran tempe maupun ikan teri. Selain itu, bisa juga dimemarkan dan ditambah parutan kunyit dan minyak kelapa serta ditempelkan di atas payudara sehari dua kali.

5. Kacang Hijau

cara membuat bubur kacang hijauKacang Hijau Foto: iStock

Terakhir adalah kacang hijau. Makanan ini bisa menjadi cemilan penambah ASI karena mengandung protein, thiamin (vitamin B), zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan mangan.

Kandungan Thiamin atau vitamin B dalam kacang hijau juga bisa mengubah karbohidrat menjadi energi untuk ibu yang tengah menyusui. Selain itu, makanan ini juga rendah natrium dan lemak jenuh sehingga tidak sama sekali mengandung kolesterol.

Selamat mencoba makanan penambah ASI!



Simak Video "Makan Gaya Prasmanan Rasa Sunda yang Murah Meriah"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)