9 Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Melimpah

Tim Detikfood - detikFood Minggu, 14 Mar 2021 07:30 WIB
Kematian Karena ASI Foto: Istimewa
Jakarta -

Jumlah ASI berlimpah dan berkualitas akan sangat mendukung tumbuh kembang bayi. Karenanya ibu menyusui perlu konsumsi makanan bernutrisi.

Asupan makanan berperan penting dalam produksi ASI. Selain jumlahnya berlimpah kualitasnya juga bagus. Lalu makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui?

"Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa makanan apa pun dapat meningkatkan suplai ASI. Namun, jika ingin mencobanya dan melihat hasilnya, tentu tidak ada salahnya,"ucap Ginger Carney, IBCLC, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Parents.

Dikutip Very Well Family, Meredith Shur, MD, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, mengatakan bahwa banyak makanan yang bisa membantu memperlancar ASI. Di seluruh dunia, wanita dalam budaya yang berbeda mengonsumsi makanan pelancar ASI segera setelah melahirkan dan saat menyusui.

"Beberapa dari makanan ini penuh dengan vitamin dan mineral, dan yang lainnya mengandung sifat kimiawi yang dapat membantu produksi ASI. Apapun alasannya, makanan super menyusui ini dipercaya dapat meningkatkan dan mendukung suplai ASI yang sehat," kata Shur.

sayuran hijau9 Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Melimpah. Foto: iStock

Berikut beberapa makanan yang bagus untuk memperlancar produksi ASI:

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh sangat bergizi untuk ibu menyusui. Jenis makanan ini juga dianggap memiliki sifat mendukung hormon yang bertanggung jawab membuat ASI. Jadi, makan biji-bijian dapat meningkatkan suplai ASI.Biji-bijian yang paling umum digunakan untukmemperbanyak produksi ASI adalah oatmeal yang dimasak dengan slow cooker. Selain itu, ibu menyusui juga bisa mencoba beras merah gandum, biskuit oatmeal, atau makanan lain yang terbuat dari biji-bijian.

2. Sayuran warna hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti alfalfa, selada, kangkung, bayam, dan brokoli kaya akan nutrisi, terutama kalsium. Sayuran ini juga mengandung fitoestrogen yang mungkin memiliki efek positif pada produksi ASI.

3. Adas (fennel)

Adas adalah tanaman dari Mediterania. Biji adas menambah rasa pada berbagai jenis makan. Meski demikian adas juga merupakan sayuran yang bisa dimasak atau dimakan mentah. Umbi, batang, dan daun tanaman adas dapat dimakan. Estrogen tanaman yang ditemukan dalam adas dapat membantu ibu menyusui menghasilkan lebih banyak ASI.

4. Bawang putih

Ibu menyusui pasti sudah tahu bahwa bawang putih kaya akan gizi. Selain itu bawang putih juga diyakini sebagai galactagogue, membantu ibu menyusui menghasilkan lebih banyak ASI. Meski bawang putih memiliki bau menyengat, tampaknya sebagian bayi menyukai rasanya.

Penelitian menunjukkan bahwa susu rasa bawang putih dapat membantu bayi yang disusui menyusu lebih lama. Di sisi lain, beberapa anak mungkin tidak dapat mentolerir bawang putih dengan baik.

Jika bayi menunjukkan tanda-tanda sensitivitas makanan setelah ibu makan bawang putih maka perlu mencoba menghindari bawang putih untuk sementara waktu.

Makanan apa saja yang perlu rutin dikonsumsi ibu menyusui? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Kenali Khasiat Susu Almond yang Banyak Manfaat!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com