Daun Bangun-bangun, Si Pelancar ASI Alami dari Sumatera Utara

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 01 Agu 2018 16:25 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Untuk ibu yang baru melahirkan seperti Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi danjurkan makan daun bangun-bangun. Daun dari Sumut ini bisa memperlancar ASI.

Menjadi seorang ibu baru tentu menjadi tantangan tersendiri. Selain perlu melatih cara mengurus si kecil, beberapa hambatan juga bisa dialami, salah satunya adalah pemberian ASI. Banyak ibu yang kesulitan memberikan ASI untuk si kecil karena produksi ASI-nya hanya sedikit.

Namun, selain melakukan konsultasi ke ahli laktasi, Anda juga dapat mencoba beberapa alternatif lain. Seperti mencoba konsumsi sayur daun katuk hingga daun bangun-bangun atau torbangun.

Daun Bangun-bangun, Si Pelancar ASI Alami dari Sumatera UtaraFoto: Dok. detikFood

Daun bangun-bangun atau torbangun yang merupakan tanaman perdu dari keluarga Lamiaceae ini memiliki ciri-ciri berbatang tebal, lunak dan sedikit berkayu. Berasal dari Sumatera Utara, daun bangun-bangun disebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah menjaga stamina tubuh, meringankan gejala masuk angin, obat batuk, sariawan hingga laktagoga atau pelancar ASI.

Baca juga: Agar Produksi ASI Tetap Banyak, Rutinlah Konsumsi Makanan Ini

Dengan tekstur daun yang agak bergerigi, daun ini mengandung kalium dan minyak atsiri. Di dalam minyak atsiri tersebut terdapat kandungan karvakrol, idoprofil-o-kresol dan fenol. Selain itu, daun bangun-bangun juga mengandung flavonoid seperti quercentin, apigenin, luteolin serta salvigenin.

Daun Bangun-bangun, Si Pelancar ASI Alami dari Sumatera UtaraFoto: Istimewa

Menjadi andalan para ibu untuk ASI booster, banyak ibu muda yang tertarik mencoba daun ini sebagai pelancar ASI. Di daerah asalnya Sumatera Utara, daun bangun-bangun banyak diolah menjadi campuran makanan. Salah satunya adalah sebagai bumbu untuk memasak gulai ikan atau pun sup hingga masakan yang dicampur dengan santan.

Bahkan dikutip dalam Hai Bunda, Khasiat daun bangun-bangun sebagai pelancar ASI sudah diteliti dan dibuktikan pada tahun 2000 oleh Prof. drh. Rizal Martual Damanik MRep Sc PhD, salah satu guru besar di Institut Pertanian Bogor.

Baca juga: Potret Jokowi Umumkan Kelahiran Putri Kahiyang Ayu (lus/odi)