Agar Produksi ASI Tetap Banyak, Rutinlah Konsumsi Makanan Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 16 Feb 2017 09:40 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Saat menyusui, ibu harus cermat memilih asupan makanan yang tepat . Tidak hanya membantu kendalikan berat badan, tapi juga memperlancar produksi ASI.

Menurut pengobatan kuno Aryuvedic, banyak ibu yang baru melahirkan umumnya mengalami kurangnya produksi ASI.

Menyusui menjadi salah satu tahapan yang paling penting setelah melahirkan. Dengan menyusui, tentu anak akan mendapatkan nutrisi optimal untuk perkembangan tubuh dan otaknya. Memberikan ASI sangat bermanfaat untuk si kecil. Salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat membantu ibu menurunkan berat badan secara alami.

Agar Produksi ASI Tetap Banyak, Rutinlah Konsumsi Makanan IniFoto: iStock

Selain itu, menyusui juga dapat menenangkan bayi dan meningkatkan sistem saraf bayi serta mengurangi risiko kanker payudara pada ibu.

Dilansir dalam Boldsky (08/02), untuk meningkatkan produksi ASI, Anda bisa mengonsumsi 1 sdt biji wijen dan juga susu almond 1/2 cangkir. Kombinasi antara keduanya ini dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu.

Biji wijen kaya akan kandungan kalsium dan kalsium memiliki kemampuan untuk merangsang saluran susu di payudara sehingga dapat membantu hasilkan susu lebih banyak. Susu almond juga mengandung protein dan kalsium yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Agar Produksi ASI Tetap Banyak, Rutinlah Konsumsi Makanan IniFoto: iStock

Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan kedua bahan tersebut dan minum setiap hari saat sarapan.

Selain dua bahan makanan tersebut, ibu juga diharuskan mengonsumsi sayuran dan ditambah dengan perbanyak air minum. Sayur mengandung banyak serat dan juga vitamin serta mineral.

Konsumsi lebih banyak sayuran saat menyusui juga bisa mempertahankan produksi ASI dan juga membantu turunkan berat badan pasca melahirkan.

(adr/odi)