10 Manfaat Lengkap Jus Alpukat, untuk Kecantikan Hingga Cegah Kolesterol

Novia Aisyah - detikFood Rabu, 26 Mei 2021 07:00 WIB
Ilustrasi alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula
Jakarta -

Manfaat jus alpukat terkenal berlimpah sedari dulu. Selain karena rasanya, manfaatnya yang lengkap membuat jus dari buah ini sangat digemari.

Buah alpukat dapat diolah menjadi berbagai macam makanan maupun minuman. Isi dari buah alpukat yang teksturnya menyerupai krim dapat digunakan sebagai isian roti panggang atau sandwich.

Dan salah satu olahan buah alpukat yang paling mudah dan tak kalah nikmat adalah jusnya, yummy! Asalkan menghindari susu kental manis atau gula dengan berlebihan, manfaat dari jus alpukat dapat kamu rasakan dengan maksimal.

Ingin tahu apa saja manfaatnya ? Detik telah merangkum 10 manfaat jus alpukat yang bisa kamu dapatkan:

1. Menghindari osteoporosis

Mengutip dari Medical News Today, hanya dengan mengkonsumsi setengah dari buah alpukat, kamu sudah memenuhi 25 persen kebutuhan harian akan vitamin K. Vitamin K ini tidak kalah penting untuk tulang.

Pada umumnya, kita hanya mengenal vitamin D dan kalsium untuk kesehatan tulang. Padahal vitamin K tak kalah penting untuk kesehatan tulang.

Dengan tercukupinya kebutuhan akan vitamin K, maka penyerapan kalsium dalam tulang juga akan semakin baik. Terlebih lagi, vitamin K mampu mencegah ekskresi kalsium berlebihan lewat urin.

2. Mengurangi risiko keguguran

Buah alpukat mengandung folat yang bermanfaat untuk menghindarkan ibu hamil dari keguguran, dengan catatan dikonsumsi dengan jumlah yang cukup. Penelitian tentang hal ini telah dilakukan oleh McGill University.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa risiko keguguran pada tikus menjadi lebih rendah jika sperma yang digunakan mengandung banyak folat. Pada penelitian itu, tingkat keguguran pada sperma yang kekurangan folat adalah hingga 30 persen.

3. Menurunkan risiko depresi

Kembali pada folat, rupanya manfaatnya tak hanya untuk menghindari keguguran. Folat dapat menurunkan risiko mengalami depresi karena menghambat pertumbuhan homosistein.

Homosistein ini adalah senyawa yang dapat menghambat pengiriman nutrisi ke otak dan sirkulasi di dalam otak. Terlalu banyak kandungan homosistein dalam otak dapat menyebabkan gangguan mood, tidur, hingga selera makan karena menghambat produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

4. Menurunkan tingkat kolesterol

Beberapa pencetus penyakit jantung adalah kolesterol. Masih melansir dari sumber yang sama, dalam setiap ons dari alpukat, ada 25 gram beta-sitosterol.

Dan dengan cara mengkonsumsi beta-sitosterol secara teratur ini, kita dapat mempertahankan tingkat kolesterol yang sehat. Tapi perlu diingat juga, mengkonsumsi sterol tanaman lain juga menghasilkan manfaat yang sama baiknya.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Mengkonsumsi jus alpukat dengan cara yang sehat dapat membuat mata awet sehat hingga tua. Mengutip dari WebMD, alasannya adalah alpukat memiliki zat bernama lutein dan zeaxanthin di mana mereka dapat menyerap mgelombang ringan yang membahayakan mata.

Antioksidan jenis ini mampu menghindarkan kebutaan di usia tua. Dan rupanya, sebagian besar antioksidan yang ada dalam alpukat justru terletak pada daging buahnya yang paling dekat dengan kulit, yaitu yang berwarna hijau gelap.

6. Membantu menurunkan berat badan

Kandungannya yang kaya serat membuatmu lebih berkemungkinan kecil untuk makan secara berlebihan. Meskipun sebetulnya buah alpukat juga mengandung banyak lemak, sebetulnya sebagian besar lemak yang terkandung adalah lemak sehat.

Nah, lemak tersebut adalah jenis lemak tak jenuh tunggal. Dengan begitu, lingkar pinggang yang ramping dapat kamu pertahankan.

7. Membantu memerangi kanker

Masih dari sumber yang sama, dalam sebuah studi yang dilakukan pada 4000 orang wanita, kandungan asam oleat yang ada dalam alpukat juga dapat mengurangi kanker payudara. Asam oleat ini juga salah satu jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Lebih jauh lagi, dalam buah alpukat ada kandungan yang dinamakan sebagai avocatin B, di mana senyawa tersebut dapat membunuh sel leukimia. Sangat mengejutkan, bukan?

8. Meningkatkan kecantikan kulit

Ingin terlihat awet muda? Coba konsumsi jus alpukat dengan cara yang sehat secara teratur.

Alpukat memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengurangi kerutan dan garis halus. Tak cuma itu, antioksidan dalam kandungan buah alpukat juga dapat menghindarkan dari efek buruk sinar UV.

9. Meningkatkan energi

Ada beberapa jenis kandungan vitamin B yang ada dalam alpukat, termasuk vitamin B1, B2, dan B3. Ketiga jenis vitamin ini dapat membantu tubuhmu untuk mengkonversi makanan menjadi energi dengan lebih baik.

Terutama, dalam alpukat memiliki kandungan niacin (vitamin B3) yang tinggi. Kandungan niacin ini dapat membantu meredakan inflamasi pada tubuh dan menjaga kesehatan arteri.

10. Menurunkan tekanan darah

Bagaimana bisa jus alpukat dapat menurunkan tekanan darah? Jus alpukat dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan potasium di dalamnya, begitu dilansir dari Healthline.

Kandungan senyawa ini dalam alpukat sangatlah tinggi, bahkan lebih tinggi dari buah pisang. Dalam beberapa studi, ditemukan bahwa kandungan potasium yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah, di mana hal tersebut juga merupakan salah satu risiko terbesar dari penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Dengan sederet manfaat alpukat di atas, yakin, tidak mau mengkonsumsinya?



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com