12 Makanan untuk Turunkan Kolesterol Usai Makan Enak Lebaran

Tim Detikfood - detikFood Senin, 17 Mei 2021 08:30 WIB
Resep Selai Stroberi Rumahan Foto: iStock
Jakarta -

Menu Lebaran yang berupa daging, gorengan, kue-kue dan santan dapat memicu naiknya kolesterol. Konsumsi beberapa makanan berikut untuk turunkan kadar kolesterol
.
Kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk akan mengeras dan membuat dinding arteri menyempit. Seiring berjalannya waktu, penumpukan plak yang menyumbat pembuluh darah ini akan memicu penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Konsumsi beberapa makanan yang menyehatkan jantung dapat membantu menurunkan risiko melonjaknya kadar kolesterol.

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol, mengutip berbagai sumber.

1. Stroberi

Kandungan nabati polifenol dalam stroberi dalam membantu menurunkan tekanan darah dan kadar LDL, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin A dan C yang mengandung senyawa antioksidan lycopene. Senyawa ini punya peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahat.

tomat12 Makanan untuk Turunkan Kolesterol. Foto: iStock

3. Apel

Konsumsi apel dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat berkat senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulitnya. Fenolik sendiri merupakan senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi sel sehat serta aliran darah yang baik.

4. Alpukat

Alpukat dikenal dengan kandungan lemak sehatnya. Selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, lemak sehat atau asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Sebuah studi menemukan, konsumsi satu buah alpukat sehari disertai diet rendah lemak dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 13,5 mg/dL.

5. Anggur

Anggur mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah kerusakan sel. Konsumsi sekitar 100-200 gram anggur per hati dapat membantu melindungi sel dan mengurangi peradangan sehingga menghambat penumpukan kolesterol di dinding arteri.

Selain buah dan sayuran makanan apa saja yang baik untuk turunkan kolesterol? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Acar Bawang yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com