5 Manfaat Teh Hijau, Cegah Kanker hingga Atasi Gejala COVID-19

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Mar 2021 05:00 WIB
5 Tips Menyeduh Teh Hijau Ini Efektif Turunkan Berat Badan Foto: iStock
Jakarta -

Teh hijau telah diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Ternyata, ada efek lain yang bahkan mengejutkan para ahli.

Teh merupakan minuman herbal yang diketahui memiliki berbagai efek baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan yang kaya di dalam teh bahkan dapat membantu tubuh untuk melawan racun yang berasal dari radikal bebas.

Berbagai penelitian telah banyak dilakukan untuk membuktikan manfaat kesehatan yang ada pada teh. Hasilnya, para peneliti selalu saja mendapatkan temuan yang positif terkait teh untuk kesehatan.

Salah satunya teh hijau yang digadang-gadang menjadi jenis teh yang paling baik diantara teh yang lainnya. Teh hijau bahkan akhir-akhir ini diketahui dapat membantu mengatasi gejala COVID-19.

Berikut ini 5 manfaat teh hijau yang mengagumkan para ahli menurut Eat This, Not That! (18/3):

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Glass cup with fresh green tea and mint.teh hijau Foto: Getty Images/iStockphoto/DevMarya

Teh hijau memiliki efek menenangkan yang sangat baik. Efek menenangkan yang ada pada teh hijau juga dikatakan dapat membantu mencegah penyakit jantung sebagai penyebab utama kematian.

Beberapa penelitian yang telah diterbitkan sebelumnya, menunjukkan bahwa teh hijau dalam 10 tahun terakhir dapat mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL). Ini tentunya menjadi penemuan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian terbaru juga dikatakan bahwa peminum teh yang rutin memiliki 20% kemungkinan yang lebih kecil untuk terserang penyakit jantung dan mengalami stroke. Dari sebagian besar peminum teh yang dianalisis juga menunjukkan bahwa teh hijau memiliki pengaruh yang sangat luar biasa bagi kesehatan secara menyeluruh.

Baca Juga: 5 Bahan Ini Bikin Teh Hijau Lebih Enak dan Menyehatkan

2. Mencegah Perkembangan Kanker dan Tumor

Kandungan antioksidan dan katekin yang begitu tinggi membuat teh memiliki sifat anti inflamasi dan anti kanker. Hal ini sudah dibuktikan berulang kali melalui berbagai penelitian oleh beberapa ahli.

Sebuah penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa ada senyawa tertentu yang dapat menghambat kanker yang ditemukan di dalam teh hijau. Senyawa yang bernama epigallocatechin gallate (EGCG) dapat menghambat proses perkembangan tumor.

EGCG juga memiliki kandungan protein yang dapat berfungsi untuk menekan tumor dan memperbaiki DNA. Penelitian ini sedang dilanjutkan secara mendalam untuk diketemukan manfaat lebih lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nikmatnya Menyeduh Teh, Medan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com