5 Bahan Ini Bikin Teh Hijau Lebih Enak dan Menyehatkan

Odilia WS - detikFood Kamis, 09 Jul 2020 07:00 WIB
teh hijau Foto: Thinkstock
Jakarta -

Teh hijau digemari sebagai salah satu minuman sehat. Jika kamu tak suka rasa pahitnya, 5 bahan ini bisa bikin teh hijau lebih enak dan menyehatkan.

Seperti diketahui teh hijau merupakan teh dari tanaman camelia sinensis. Setelah dipetik daun teh mengalami pemanasan untuk mencegah oksidasi. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh.

Mungkin kamu terbiasa minum teh hijau karena ingin mendapatkan khasiat sehatnya. Tetapi kurang suka rasa pahitnya. Sementara banyak ahli nutrisi tidak menganjurkan menambahkan gula atau pemanis lainnya pada teh hijau untuk menjaga khasiat sehatnya.

Tetapi ada beberapa rempah dan bahan alami yang bisa ditambahkan ke dalam seduhan teh hijau tanpa merusak rasa dan khasiat sehatnya. Justru membuat teh hijau rasanya lebih enak dan khasiat sehatnya juga bertambah.



Seperti direkomendasikan the alternative daily (8/7), berikut 5 bahan yang bisa bikin teh hijau makin enak dan menyehatkan.

1. Jeruk lemon

Jeruk lemon yang asam segar rasanya bisa membuat rasa teh hijau makin enak, baik teh panas ataupun dingin. Selain itu lemon juga menambahkan manfaat sehat. Rasa kecut yang tajam bisa mengurangi rasa pahit teh hijau.

Jeruk lemon mengandung banyak vitamin C yang bisa membersihkan racun tubuh. Selain itu juga mengandung kalsium dan potassium yang menambah daya tahan tubuh. Cukup tambahkan 1 sendok teh air lemon dalam secangkir teh hijau agar rasanya lebih enak.

khasiat sehat minum air lemon5 Bahan Ini Bikin Teh Hijau Lebih Enak dan Menyehatkan. Foto: iStock



2. Kayu manis

Rempah beraroma wangi ini punya sensasi rasa manis tanpa kandungan glucose dan fructose yang banyak terdapat dalam beragam pemanis.

Kecuali itu rasa kayu manis sangat serasdi dengan teh hijau. Cukup taburkan sedikit kayu manis bubuk dalam teh hijau, aduk rata dan diamkan beberapa saat sebelum diminum.

Kayu manis merupakan bahan alami yang bisa mengontrol gula darah. Selain itu juga mengandung antioksidan dan mampu melawan patogen dalam tubuh. Sebaiknya jangan berlebihan menambahkan kayu manis agar rasa teh hijau tidak rusak.

3. Madu

Meskipun teh hijau tidak dianjurkan ditambahkan pemanis, tetapi jika diberikan sedikit madu rasanya jadi lebih enak. Rasa legit madu bisa menyamarkan rasa pahit teh hijau.

Madu mengandung enzim aktif yang bisa memperlancar pencernaan. Madu juga memberi manfaat sehat. Karena mengandung antialergi dan memperlancar pernafasan, sangat cocok dinikmati saat udara dingin.

Whisky dan madu untuk obat virus corona5 Bahan Ini Bikin Teh Hijau Lebih Enak dan Menyehatkan Foto: Istimewa



4. Peppermint

Aroma mentol yang pedas dingin cocok dipadukan dengan teh hijau bahkan membuat rasa teh hijau makin enak. Gunakan daun minta segar yang sudah dicuci dan dilap kering. Tambahkan daun ini pada air seduhan teh hijau.

Jika tak ada daun minta segar, bisa dipakai daun mint kering atau teh peppermint sebagai gantinya. Seperti diketahui daun mint punya kandungan antimikroba dan antivirus yang kuat. Merupakan antioksidan yang kuat dan antialergi yang ampuh.


5. Jahe

Paduan jahe dan teh hijau ibarat roti dan mentega. Sangat cocok rasanya. Cukup tambahkan beberapa iris jahe segar dalam seduhan teh hijau yang kamu buat.

Jahe merupakan rimpang rempah yang berkhasiat untuk kesehatan kardiovaskular, mengatasi sakit perut, mencegah diabetes dan peradangan. Sejumlah khasiat ini sudah dibuktikan dalam banyak penelitian.

Jika ditambahkan rutin dalam teh hijau akan meningkatkan kadar antioksidan yang bisa berkhasiat mencegah flu dan penyakit musiman lainnya.



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)