5 Cara Detoks Tubuh Alami Setelah Lebaran, Konsumsi Makanan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 14 Mei 2021 06:00 WIB
Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson
Jakarta -

Menu lebaran terkenal memiliki lemak dan kalori tinggi. Usai menyantapnya terlalu banyak, kamu perlu 'membersihkan' tubuh. Begini cara detoks tubuh setelah puas makan menu lebaran.

Opor, rendang, hingga gulai yang tersaji saat lebaran memang sayang dilewatkan. Apalagi jika dimakan bersama ketupat, sambal goreng, dan pelengkap lauk lainnya. Tak jarang kamu berakhir kalap menyantap menu lebaran.

Namun perlu diingat kalau menu lebaran umumnya mengandung lemak dan kalori tinggi. Hal ini bisa membuat tubuh bekerja terlalu keras untuk mencernanya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Bukan tidak mungkin kamu akan merasakan perut yang penuh, begah, hingga cepat lelah. Kondisi ini bisa diatasi dengan cara membersihkan tubuh atau kerap disebut detoks tubuh.

Tubuh sebenarnya bisa mengeluarkan racun atau detoks secara alami, namun tak ada salahnya mempraktikkan cara detoks tubuh ini. Sebab sistem detoksifikasi alami akan bekerja lebih optimal setelahnya.

Dikutip dari Healthline (13/5), berikut 5 cara detoks tubuh alami setelah lebaran:

1. Minum lebih banyak air

Minum air bukan sekadar menghilangkan dahaga, melainkan juga mendatangkan banyak manfaat sehat lainnya. Penting untuk mencukupi kebutuhan air harian.

Manfaat minum air yang cukup antara lain mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi, hingga mendetoks tubuh dengan cara membuang 'limbah' yang ada pada darah.

Air mengangkut produk limbah dalam tubuh secara efisien, kemudian mengeluarkannya lewat buang air kecil, pernapasan, atau berkeringat. Dengan kata lain, terhidrasi dengan baik adalah kunci detoksifikasi yang optimal. Jumlah yang disarankan sekitar 2,7 liter untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria per hari.

Baca Juga: 5 Tips Makan Sehat saat Lebaran agar Tubuh Tetap Bugar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com