9 Makanan Prebiotik yang Bisa Sehatkan Usus dan Pencernaan

Shara Azzhara - detikFood Selasa, 16 Apr 2019 09:50 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Bukan hanya asupan prebiotik yang harus diperhatikan untuk menjaga pencernaan, makanan untuk memaksimalkan kinerja prebiotik juga wajib dikonsumsi.

Prebiotik merupakan bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bakteri ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan fermentasi susu seperti keju, yogurt, atau sour cream. Agar preboitik dapat bekerja dengan baik, mikroorganisme ini juga perlu diberi asupan yang membantunya bekerja. Karenanya, Anda juga perlu memperhatikan asupan yang mengandung makanan bagi prebiotik.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, cara yang paling mudah memang dengan mengonsumsi suplemen instan. Namun, makanan alami tetap lebih dianjurkan untuk mengurangi risiko efek samping. Berikut makanan-makanan yang dapat menunjang kebutuhan prebiotik seperti dirangkum dari NDTV (12/4).

Baca juga: Mengapa Yogurt Digolongkan Probiotik?

1. Pisang
Pilihlah pisang yang belum terlalu matang. Pisang dijadikan sebagai topping saat menyantap Greek yogurt atau sebagai camilan. Campurkan pisang dan yogurt dalam smoothies juga akan memaksimalkan kinerja prebiotik dalam menjaga pencernaan.

9 Makanan Prebiotik yang Bisa Sehatkan Usus dan PencernaanFoto: iStock

2. Bawang bombay
Bawang bombay mengandung antioksidan yang melimpah. Selain itu, kandungan prebiotik didalamnya juga membantu proses mencerna makanan dengan lebih cepat.

3. Apel
Antioksidan, polyphenol, dan pektin yang ditemukan dalam apel bukan hanya membantu pencernaan tetapi juga memaksimalkan metabolisme tubuh dan mengontrol kolestrol.

4. Bawang putih
Cara terbaik mengonsumsi bawang putih adaalah memakannya mentah. Untuk menyerap kebaikan prebiotik dari makanan ini, Anda tidak perlu memasaknya. Giling atau tumbuk bawang putih dan jadikan saus untuk salad atau cocolan roti.

Baca juga: Beraroma Tajam, Bawang Putih Justru Berkhasiat Sehatkan Pencernaan dan Perkuat Memori

9 Makanan Prebiotik yang Bisa Sehatkan Usus dan PencernaanFoto: iStock

5. Lentil
Lentil adalah jenis kacang-kacangan lunak yang biasa dijual dalam bentuk kering. Lentil, terutama yang berwarna merah muda, merupakan sumber yang baik untuk bakteri baik. Lebih dari itu, lentil juga memberikan asupan protein yang melimpah serta menjaga gerakan usus halus.

6. Barley
Biji-bijian ini mengandung beta-glucan yang merupakan jenis serat prebiotik yang mendorong pertumbuhan prebiotik dalam pencernaan. Barley juga termasuk dalam jenis biji-bijan paling rendah kalori dan membantu mengurangi berat badan berkat kandungan asam amino esensialnya.

7. Gandum
Bahan makanan serba guna ini memang kaya akan serat dan nutrisi untuk merawat sistem pencernaan dan kesehatan jantung.

9 Makanan Prebiotik yang Bisa Sehatkan Usus dan PencernaanFoto: Istimewa

8. Kopi
Kopi yang terbuat dari biji kokoa, dapat menuntun produksi prebiotik dalam tubuh. Selama proses pencernaan, kopi akan memproduksi flavanol dalam usus yang membawa manfaat besar bagi prebiotik.

9. Flaxseed
Kandungan serat dalam flaxseed akan menyerap lemak dari usus dan menjaga pergerakan usus halus. Biji-bijian ini juga kaya akan antiioksidan yang mampu menjaga kadar kolestrol dalam tubuh.

Baca juga: 5 Jenis Biji-bijian Kuno Ini Bisa Menjadi Asupan Nutrisi yang Hebat

(adr/adr)